Ad Code

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Yoga

blogbanbgot - yoga adalah


Pengertian Yoga

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang menitikberatkan fokusnya pada aspek kekuatan, kelenturan, serta pernafasan agar bisa meningkatkan daya pada kesehatan mental, kesehatan fisik, serta kesehatan tubuh itu sendiri. 

Di lain sisi, yoga juga dapat dimaknai sebagai upaya penyatuan antara jiwa spiritual dan jiwa universal sebagai suatu bentuk upaya melatih sisi rohani untuk mampu mencapai titik ketenangan batin. Hal tersebut disertai dengan melakukan latihan gerakan fisik untuk mencapai titik kesejahteraan jasmani dan rohani, lebih tepatnya disebut sebagai jiwan mukti. 

Pada dasarnya, yoga merupakan olahraga yang berasal dari India dan telah mengalami adaptasi serta pengembangan ke dalam berbagai bentuk variasi gerakan. Bagi para pemula yang mengikuti olahraga yoga, tentu lebih disarankan untuk memulainya dari gerakan yang mudah terlebih dahulu. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Yudisium?

Jenis-jenis Yoga

Menurut Giri (2006), yoga terbagi kedalam 6 jenis, yaitu:

Hatha Yoga

Hatha yoga berfokus pada sistematika pelatihan yang mengarahkan pada teknik membentuk sikap tubuh yang disertai dengan teknik pernafasan agar mencapai bentuk keseimbangan dalam tubuh. 

Bhakti Yoga

Merupakan jenis yoga yang memfokuskan diri pada hati. Pada penerapannya yang lebih dalam, seseorang akan mengetahui kelebihan orang lain serta ketenangan untuk menghadapi suatu hal. 

Raja Yoga

Jenis yoga ini menitikberatkan pada aspek meditasi dan juga kontemplasi. Tujuan dari jenis yoga ini untuk mengarahkan pelakunya pada aspek penguasaan diri agar bisa lebih menghargai diri sendiri dan juga lingkungan sekitarnya. 

Jnana Yoga 

Jenis yoga yang satu ini merupakan yoga yang secara metodologis bertujuan agar pelakunya mampu meraih titik kebijaksanaan dan juga pengetahuan. Jnana yoga menggabungkan filosofi antara kepandaian dan kebijaksanaan. 

Karma Yoga

Jenis yoga yang satu ini mengarahkan pelakunya untuk menjadi tidak egois, karena mengajarkan pada keyakinan nilai bahwa apa yang dilakukan pada kehidupan masa kini akan berdampak pada kehidupan yang akan datang. 

Tantra Yoga

Jenis yoga yang satu ini mengajarkan para pelakunya agar lebih menghargai setiap pelajaran dan pengalaman yang terjadi dalam hidupnya. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Yuridis?

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Berdasarkan pada pendapat Sindhu (2014:34), yoga memiliki beberapa manfaat yang baik jika dilakukan secara rutin dan teratur, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin (hormonal) di dalam tubuh.
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak.
  • Membentuk postur tubuh yang lebih tegap, serta otot yang lebih lentur dan kuat.
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas.
  • Membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). 
  • Meremajakan sel-sel tubuh dan memperlambat penuaan. 
  • Memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung. 
  • Mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental, serta membuatnya lebih kuat saat menghadapi stres.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar