Ad Code

Membuat Naskah MC Pengajian dan Tips Menjadi MC

membuat naskah mc pengajian


Naskah MC Pengajian adalah sebuah naskah susunan acara yang digunakan dalam acara pengajian yang diselenggarakan. Naskah tersebut harus dibuat dengan baik dan benar sehingga acara pun akan terselenggara sukses sesuai harapan. Berikut beberapa susunan yang ada dalam naskah tersebut.

1. Pembukaan

Pembukaan dalam acara pengajian dilakukan dengan mengucapkan kalimat pembuka yaitu Basmalah. Kamu juga bisa menggunakan pembacaan Ummul Kitab yaitu surat Alfatihah untuk membuka acara pengajian.

2. Pembacaan ayat suci Al-Quran

Acara berikutnya adalah pembacaan ayat suci Alquran oleh bagian yang bertugas. MC memiliki tugas untuk mempersiapkan bagian pembacaan ayat suci Al-Quran dan menyiapkan hadirin untuk mendengarkan bacaan Alquran dengan khusyuk.

3. Sambutan-sambutan

Acara sambutan biasanya diisi oleh kepala desa, pimpinan, takmir masjid atau ketua panitia acara pengajian yang diselenggarakan. Kamu bisa memberikan pembatasan waktu untuk setiap sambutan mengingat acara inti belum dilaksanakan.


4. Acara Inti

Kemudian untuk acara inti yaitu pengajian. Sebelum acara inti, sembari menunggu pengisi acara pengajian bersiap untuk memberikan ceramahnya maka MC bisa mengajak para hadirin untuk menikmati sajian yang ada (jika ada suguhan dalam acara tersebut). Atau menyajikan hiburan singkat untuk membuat para hadirin lebih siap untuk mengikuti acara pengajian.

5. Doa

Acara yang terakhir adalah doa. Biasanya acara ini akan dihandle oleh pengisi pengajian sehingga MC bertugas memberitahukan bahwa acara inti yaitu pengajian yang akan diakhiri dengan doa bersama.

Tips Menjadi MC yang Baik


Banyak orang yang bisa menjadi MC namun tak semua orang profesional dalam menjalankan tugas sebagai MC meski memiliki naskah MC pengajian terbaik sekalipun. Sebuah acara bisa dikatakan sukses jika mendapatkan sentuhan MC yang ahli dalam bidangnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi MC yang profesional.

Murah senyum

Harus memiliki pembawaan yang ceria dan menyenangkan. Karena MC juga akan menjadi sorotan selama acara pengajian diselenggarakan.

Memiliki kepercayaan diri dan energi positif

Seorang MC harus mempunyai kepercayaan diri sekaligus bisa menyalurkan energi positif yang dimilikinya pada seluruh hadirin yang ada.

Memiliki kemampuan untuk memahami susunan acara

Agar supaya bisa menjalankan tugas dengan baik maka seorang MC harus memahami susunan jalannya acara dengan benar.


Mampu fokus dan konsentrasi selama acara

Seorang MC harus bisa fokus dan konsentrasi penuh dalam tugasnya untuk memandu acara pengajian hingga terselenggara dengan sukses.

Mampu memahami audiens

MC yang profesional juga harus bisa memahami seperti apa karakter yang dimiliki oleh audiens atau hadirin yang hadir dalam acara tersebut. Sehingga jika terjadi kebosanan maka MC bisa melakukan ide yang bisa menghibur para hadirin.

Memiliki ketepatan waktu

Ketepatan waktu yang baik harus dimiliki agar supaya acara terselenggara sesuai dengan rencana awal.

Memiliki persiapan khusus sebelum bertugas

Seorang MC harus mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum bertugas. Dari mulai menyiapkan pakaian, bahasa tubuh hingga menghindari makanan yang beresiko membuat perut sakit.

Bisa merangkum isi pembicaraan

MC yang profesional juga harus mampu merangkum isi pembicaraan dengan baik. Seperti merangkum isi sambutan atau isi pengajian untuk diambil garis besarnya.

Mampu mengendalikan diri dan emosi

Dan seorang MC juga harus pintar mengendalikan diri dan emosi terhadap apapun yang terjadi selama acara diselenggarakan.

Itulah contoh naskah MC pengajian yang bisa Kamu gunakan dan tips untuk menjadi seorang MC yang profesional.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar