Ad Code

Tugas MC dan Pembukaan MC Islami Singkat

Pembukaan MC Islami Singkat


Pembukaan MC Islami singkat biasanya akan dibutuhkan untuk acara pengajian yang diselenggarakan. Pengajian sendiri menjadi salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menyebar luaskan ajaran Islam. Agar supaya acara pengajian yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar maka dibutuhkan keberadaan seorang pembawa acara atau MC Islami untuk memandu berjalannya acara pengajian.

Di bawah ini adalah beberapa tugas dari seorang MC Islami dalam acara pengajian.

1. Membuat susunan acara

Seorang MC harus mengetahui susunan acara yang ada dalam acara pengajian tersebut. Hal itu dikarenakan tugas MC adalah memandu jalannya acara pengajian hingga selesai dengan baik dan benar.


2. Memandu acara

Seorang MC harus memiliki keahlian untuk memandu acara dan mengendalikannya hingga bisa berjalan dengan tertib sesuai harapan penyelenggara acara. Maka seorang MC juga harus menguasai bahasa komunikasi dengan baik agar supaya bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh para hadirin.

3. Menjaga suasana acara agar tetap kondusif

Seorang MC harus mampu menjaga dan memelihara suasana acara pengajian agar tetap kondusif. Diantaranya adalah dengan meminimalisir gangguan yang bisa terjadi selama acara diselenggarakan. Tentunya seorang MC harus menjalin komunikasi yang baik pula dengan pihak penyelenggara acara.

4. Memastikan kehadiran pengisi acara

Tugas MC juga meliputi untuk memastikan apakah pengisi acara sudah hadir atau belum di lokasi acara diselenggarakan. Sehingga jika jadwal pengisi acara sudah tiba, maka bisa langsung dilakukan pergantian acara dengan lancar.

5. Memastikan acara berlangsung tepat waktu

Setiap bagian acara pastinya sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa dimulai dan selesai tepat pada waktu yang direncanakan. Maka tugas seorang MC adalah membuat setiap bagian acara selesai pada waktunya masing-masing. Seperti untuk melakukan pembukaan MC Islami singkat dengan pemberian waktu yang memadai.

6. Memenuhi kebutuhan pengisi acara

Dari mulai meminta semua pengisi acara untuk bersiap sebelum jadwal mereka dan memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan pengisi acara dalam acara tersebut.


7. Menjalin komunikasi yang baik dengan audiens

Seorang MC harus bisa melakukan komunikasi yang baik dengan audiens yang hadir dalam acara pengajian tersebut.

Adapun untuk membawakan pembukaan MC pada acara pengajian perlu dilakukan beberapa hal berikut ini.

- Ucapkan kalimat salam

- Kalimat pembuka acara pengajian

- Berikan salam penghormatan untuk para hadirin yang hadir

- Membacakan susunan acara

- Membuka acara pengajian dengan bacaan Basmalah

- Memandu acara dengan menyebutkan acara serta mempersilahkan pengisi acara yang bertugas

- Mengisi jeda pergantian acara dengan hiburan atau lainnya

- Menutup acara pengajian dengan bacaan Hamdalah dan meminta maaf pada hadirin jika terdapat kesalahan selama menjadi MC. Itulah beberapa tugas MC dan hal yang harus dilakukan dalam pembukaan MC Islami singkat.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar