Ad Code

Contoh Teks MC Akad Nikah yang Khidmat

Contoh Teks MC Akad Nikah yang Khidmat


MC untuk acara akad nikah memang harus dipilih yang profesional. Selain itu, untuk teks MC nya bisa didapatkan di internet yang sudah banyak mengulas tentang contoh teks MC akad nikah yang terbaik. Sehingga acara istimewa tersebut pun bisa berjalan dengan sakral, khusyuk, tertib dan lancar.

Berikut ini adalah teks khusus untuk MC akad nikah yang bisa dijadikan rekomendasi.

1. Pembukaan

Acara prosesi akad nikah akan dibuka dengan bacaan basmalah yang dibimbing oleh MC bersama-sama.

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur'an

Karena akad nikah adalah sebuah acara yang penting dan sakral maka untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT ada acara pembacaan ayat suci Al-Quran secara khusus.

3. Khutbah nikah

Menikah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Untuk melakukannya bukanlah hal yang mudah maka perlu diberikan khutbah nikah yang berisi nasehat untuk calon mempelai pengantin sebelum melangkah lebih serius menuju ke gerbang pernikahan.


4. Prosesi ijab kabul

Setelah acara Khutbah nikah berikutnya dalam prosesi acara ijab kabul. Merupakan acara inti dari acara tersebut sehingga pastinya mendapatkan sorotan dan fokus utama dari para hadirin.

5. Doa nikah

Setelah prosesi ijab kabul berlangsung sukses, berikutnya adalah acara doa untuk mempelai pengantin semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Doa nikah bisa dipimpin oleh penghulu yang bertugas.

6. Penandatanganan buku nikah

Segera setelah doa nikah selesai, kedua mempelai pengantin akan melakukan penandatanganan buku nikah yang artinya pernikahan mereka sudah terdaftar secara resmi oleh negara.

7. Serah terima mahar pernikahan

Selanjutnya adalah untuk melakukan serah terima mahar pernikahan dari pihak mempelai laki-laki ke pihak mempelai perempuan. Mahar yang diberikan harus sesuai dengan yang diucapkan pada saat ijab kabul dilakukan. Biasanya serah terima mahar juga dilakukan berbarengan dengan pemasangan cincin nikah sehingga dalam contoh teks MC akad nikah meski umumnya kedua acara ini dilakukan secara terpisah.

8. Nasehat pernikahan

Acara berikutnya adalah untuk pemberian nasehat pernikahan. Hal ini bisa dilakukan oleh penghulu pernikahan atau pihak yang diberikan kepercayaan oleh keluarga mempelai untuk memberikan nasehat pernikahan.


9. Sungkeman

Acara berikutnya adalah melakukan sungkeman yang dilakukan oleh kedua mempelai kepada orang tua masing-masing.

10. Penutup

Rangkaian acara prosesi akad nikah akan ditutup dengan penutup Hamdalah. 

Kemudian pihak MC berterima kasih atas dukungan dan bantuan dari semua pihak yang membuat acara berlangsung dengan sukses. Kemudian meminta maaf jika terdapat kesalahan atau kekurangan selama membawakan acara. Itulah sekilas tentang contoh teks MC akad nikah yang bisa Kamu jadikan rekomendasi jika suatu saat bertugas untuk acara sakral tersebut. Semoga bermanfaat.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar