Segini Biaya Servis Motor Honda Vario 125 Gue Selama 1 Tahun

biaya servis motor honda  vario
sumber: motorplus-onine.com

Motor itu, mau lo pake atau ngga tetep bakalan keluar biaya buat ngerawatnya. Nah, di artikel kali ini gue bakalan ngebahas tentang biaya servis motor Honda Vario 125 tahun 2019. Motor ini gue sebut dengan motor Corona.

Kenapa?

Awalnya tuh motor ini gue siapin sebagai pengganti motor Jupiter Z1 gue yang udah mulai rusak di sana-sini. Bukannya ngga mau ganti sparepart atau servis ya. Cuma gue tuh ngerasa kalau motor bebek nantinya akan semakin langka. Otomatis sparepartnya juga akan langka. Oleh karena itu, gue mutusin buat beli motor vario 125 keluaran tahun 2019.

Setelah motor Jupiter Z1 gue itu laku, gue buat nambahin tuh ngebeli Honda Vario 125 ini. Beli kalau ngga salah di bulan Desember deh. Dipakai ngantor, dipakai buat jadi driver ojol, dipakai buat antar istri ke Tangerang, sampai dipake ke luar kota deh. Enak pakai motor matic sekelas Vario 125. Menurut gue sih pas ya buat dalam dan luar kota yang ngga begitu sering.


Nah, pas Corona datang ke Indonesia. Pas itu juga kantor gue mewajibkan seluruh karyawannya untuk WFH sampai artikel ini ditulis tanggal 14 Juni 2021. Nah loh. Udah setahun lebih WFH kan?

Motor yang tadinya dipakai buat rutinitas rumah ke kantor, otomatis diem jadi patung dah di garasi rumah. Tapi, seperti yang gue bilang di awal. Mau itu motor lo pakai, atau ngga lo pakai, tetep akan ngeluarin biaya servis. Ini gue rangkum ya biaya servis Honda Vario 125 punya gue.

1.Tambah Angin

Ban motor lo mau dipakai atau didiemin aja, anginnya tetep bakalan ngowos keluar. Oleh karena itu, tambah angin menurut gue ini jadi salah satu biaya servis rutin yang ngga bisa dilupain gitu aja. Berhubung ini motor jarang dipakai, gue tambah angin 1 bulan sekali alias ngeluarin Rp6.000 setiap bulan. Yao, gue ngisinya di nitrogen yang ada di pom bensin.


So, Rp6.000 x 12 = Rp72.000

2.Ganti Oli Mesin

Sama kayak angin, oli di mesin motor itu punya masa pakai. Baik dari segi killometer, atau pun jangka waktu per bulan. Umumnya, orang-orang ganti oli motor mah 3 bulan sekali kan? Nah, gue ini termasuk sesat. Pecinta oli sesat. Jadi, oli mobil gue pakai di mesin motor gue wkwkwkwk. Ampun bos. Kalau mau ditiru silakan.

ganti oli motor honda vario 125
sumber: pelajaricaranya.blogspot.com

Jadi, dalam setahun gue 2 kali ganti oli mesin motor. Gue pakai Pertamina Fastron Gold atau Daihatsu Genuine Oil yang 5w-30. Harga satu botorlnya di online shop itu yang Daihatsu sekitar Rp50.000 kalau Fastron Gold (gue pake yang curah) itu di harga Rp60.000. Ambil tengah-tengah deh Rp55.000 untuk oli motor.

Setahun gue ganti 2 kali, jadinya Rp55.000 x 2 = Rp110.000

3.Ganti Oli Gardan

Oli gardan keliatannya kecil kan? Tapi punya manfaat besar buat ngelumasin gear box. Gue selama 1 tahun ganti sekali aja sih dan pakai oli gardan pada umumnya di harga Rp15.000 belum sempet mau coba oli gardan Avanza juga sama kayak oli mesinnya wkwkwkwk.


Udah. Gue selama punya vario 125 dari Desember 2019 sampai artikel ini gue tulis di bulan Juni 2021, cuma ngeluarin biaya servis motor Honda Vario itu ya segitu. Lo total dah kalau gue ngga salah itung sih selama 1 tahun gue ngeluarin biaya servis motor itu sebanyak Rp197.000

Terlepas dari murahnya biaya perawatan, gue ngga pernah tuh minumin bensin yang kotor ke motor gue. Minimal pertalite yang ada di pom bensin deh. Tapi lebih sering isi Shell Super sih. Ini balik lagi ke kondisi kantong masing-masing pemilik kendaraan.

Itu tadi cerita singkat gue tentang biaya servis motor Honda Vario 125 tahun 2019. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar