Khawatir Anak Kecanduan Gadget, Begini Cara yang Gue Terapin

anak kecanduan gadget
sumber foto: prfmnews.pikiran-rakyat.com

Sebagai ayah muda, anjir, masih aja nganggep muda wkwkwk. Gue punya kekhawatiran anak gue kecanduan gadget seperti anak pada umumnya. Bukan tanpa alasan sih, anak gue yang masih di usia 1 tahunan lebih pas gue nulis artikel ini, itu kalau ngeliat gue megang HP, langsung pengen disetelin Youtube.

Entah buat ngeliat video baby shark, atau bahkan video ondel-ondel yang lagi joget gitu. Pokoknya pasti ngerengek minta disetelin itu deh. Jadi serba salah sih. Satu sisi tuh gue ada kerjaan yang emang dihandle via HP, tapi sisi lain gue ngga mau anak gue kecanduan HP gitu.

Alhasil, gue selalu berusaha buat ngumpet-ngumpet sih biar ngga ketauan gue pegang HP.

Lama-kelamaan gue emang dipaksa buat berpikir gimana cara ngebuat anak biar ngga kecanduan gadget gitu. Nah, setelah beberapa kali melakukan ‘eksperimen’, akhirnya gue menerapkan beberapa cara supaya anak bisa teralihkan perhatiannya ke objek lain selain HP.

Baca Juga:

Bagaimana Menjadi Ayah yang Baik?

Virus Corona dan Pil Pelancar ASI

Kasih Mainan Lain

Lo harus segera dengan cepat memberikan mainan lain, alternatif lah pokoknya selain HP. Sebisa mungkin lo harus alihin tuh perhatian si anak. Gimana caranya misal, lo mau alihin perhatiannya ke sebuah bola. Nah, pikirin deh caranya gimana tuh bola bisa bikin lebih menarik dari HP. Entah lo pantul-pantulin, atau lo telan mentah-mentah tuh bola. Pokoknya cari cara.

Kasih Makanan

Berhubung anak gue seneng banget makan, sampe kadang-kadang tuh jilatin sambungan (engsel) pintu, kalau udah ngerengek minta HP, langsung ditawarin makan. Biasanya sih sama Uti atau Ummanya sih. Emang ngga semua anak bisa diginiin, tapi sekali lagi, ya dari pada anak kecanduan gadget sejak kecil, mending dikasih makan kan?

Kasih ke Ibunya

Cara ketiga, atau yang terakhir ini udah yang paling terbaik deh. No debat dan pasti valid. Dari kedua cara sebelumnya yang gue jelasin, cara ini udah yang paling terbaik dan oke. Biasanya si ibunya akan menawarkan senjata pamungkas untuk nenen. Udah deh, karena masih ASI, ya jadi anak gue bakalan mau dan ngelupain tuh ngerengek minta main HP.

“Kalau udah ngga ASI gimana Ted?”

Ya nanti gue update lagi lah infonya. Belum nemu trik yang efektif kalau anak lo udah ngga ASI lagi.

Ajak Main Keluar

Coba tawarin ke anak buat nengok sesuatu di luar. Kalau anak gue tuh suka banget ngeliatin cicak gitu. Jadi, kalau pas waktunya ngerengek minta main HP, langsung dialihin aja perhatiannya buat nyari cicak di teras atau ruang tamu wkwkwkwk. Keliatannya kayak ngga guna ya? Nyari sesuatu apa gitu di luar rumah, tapi percayalah guys, ini bisa lo pakai buat hindari anak yang mulai kecanduan gadget gitu.

Kasih Batasan Waktu Pegang Gadget

Ini lumayan sulit sih kalo gue bilang mah. Kadang, kalau anak dah pegang tuh gadget, pas giliran mau diambil atau dimatiin, bakalan ngambek. Dari kitanya sebagai orang tua sih harusnya tegas, misal dalam 1 hari cuma boleh maksimal 15 atau 30 menit. Yaudah segitu. Kalau gue sih biarin aja anak ngerengek mah. Nanti juga diem sendiri. Mending kuping gue penging denger anak nangis dibanding gue yang nangis nanti pas liat anak gue kecanduan gadget.

Nah, itu tadi tips yang sebenernya sederhana sih dari gue yang masih minim pengalaman ini. Semoga aja bisa bermanfaat buat ayah muda dan calon ayah nantinya. Gue bukannya ngelarang total anak gue kenal sama gadget ya. Cuma, di usianya yang sekarang ini, sayang aja kalau waktunya dihabisin dengan main gadget.

Sampai jumpa di artikel gue yang lain dan kalau ada pertanyaan bisa langsung maki-maki aja di kolom komentar ya.

Posting Komentar

0 Komentar