5 Tips Menulis yang Paling Mudah Diterapkan

Sok-sok mau kasih tips menulis yang paling mudah diterapkan tapi sendirinya masih sulit ngatur waktu buat nulis dan buat ngelakuin kerjaan lainnya. Wah udah dah ini dijami tipsnya bakalan ngga bener. Udah deh, gue saranin mah jangan baca sampai habis. Nanti menyesal.

Gue ngga mau ngajarin lo tentang cara nulis yang baik dan benar ya. Ngga mau ngajarin juga tentang kepenulisan SEO. Udah banyak orang yang berkompeten di bidang itu. Nah, berhubung bidang tulis-menulis ini banyak yang udah ahli ngasih tips, gue coba ikutan nih.

tips menulis yang paling mudah diterapkan
foto: uxplanet.org

Tapi catat, tips ini ngga wajib dicoba kok. Kita mulai langsung ya tipsnya.

1. Menulis Harus Lepas

Kalau lo punya ide jangan ditahan-tahan. Punya opini? Ditahan...em..bukan. Dibatasi..em..bukan juga. Yaa pokoknya dikira-kira aja jangan sampai opini lo ini bikin orang lain sakit hati. Apalagi kalau nyinggung kebijakan pemerintah. Wah udah deh, tau  sendiri lah ya ngga usah gue lanjutin.

Menulis tuh ngga baik kalau ditahan-tahan tuh. Nantinya tulisan lo kayak semacem gantung gitu informasinya atau ngga dapet gitulah feelnya.


Baca Juga:

Pengertian dan Jenjang Karir Content Writer

Manfaat Rutin Update Artikel di Blog


2. Jangan Takut Salah

Menulis yang benar itu menulis yang ngga takut dengan kesalahan yang dibuat dalam tulisannya. Kenapa? Ya kalau semisal tulisan lo salah berarti ada yang ngga bener dong dengan logika kepenulisannya. Entah infonya yang ngga valid, atau emang lo belum bisa mengangkat logika dalam menulis.

Gue dulu pas awal-awal nulis tuh sering banget ngelakuin kesalahan. Sampe sekarang juga sih kadang. Tapi semakin kesini, gue belajar, ooo...gue salah di sini toh. Ooo...gue ngga bisa nih kalau nulisnya gini.

3. Buat Kerangka

Kerangka tulisan tuh penting banget. Fungsinya buat nge-guide-kita supaya ngga keluar dari bahasan dari tulisan yang akan kita tulis. Kayak artikel ini deh. Gue bikin dulu tuh poin-poinnya. Habis itu gue tinggal. Besoknya baru lanjutin isi dari poin-poinnya itu. Sesimpel itu sih.

Tapi, balik lagi nih setiap orang kan beda-beda cara membangun sebuah tulisan. Kalau gue sih gitu. Ngga harus sama dengan gue ya. Senyamannya lo aja.

4. Rutin Mengulangi

Alva Edison aja gagal lebih dari satu kali. Ratusan kali, bahkan sampai ribuan. Ngga kapok tuh. Sampai akhirnya dia bisa nemuin lampu. Lah, kalau lo baru sekali atau dua kali nulis artikel terus berharap bisa bagus...yah...terlalu pede sih itu namanya.

Gagal beberapa kali itu wajar kok. Balik lagi ke poin nomor 2 tadi. Jangan takut salah pokoknya. Kalau salah ya cari tahu kesalahannya habis itu perbaiki. Jangan malah mundur. 

5. Jangan Takut Jelek

Ini tips paling penting sih. Tulisan jelek tulisan bagus. Lo harus bisa nilai dulu nih tulisan yang lo buat dari sisi lo. Bermanfaat apa ngga informasinya. Kalau menurut lo bermanfaat, pastiin lagi udah bener belum struktur penyampaiannya. Kalau udah bener, pastiin lagi ngga ada yang kebalik logika penyampaiannya.

Nah banyak kan yang harus lo pastiin? Selain janji dia sama lo ya.

Nah itu tadi tips menulis yang paling gampang buat lo terapin. Gimana? Udah coba semuanya tapi masih sulit buat nulis? Gue kasih quotes deh...

Ayo menyerah...jangan semangat...kamu pasti tak bisa!!

Posting Komentar

0 Komentar