Ad Code

Meditran SX di Soul GT 125, Sudah Setahun Belum Jebol

Dulu udah pernah gue tulis deh review oli Meditran SX apa Meditran SC gitu ya? Lupa gue. Pernah ada di blog tangan gatel waktu itu namanya. Sekarang sudah hilang ditelan zaman mungkin blognya. Nah, kali ini gue akan bahas singkat aja sih gimana impresi motor Yamaha All New Soul GT 125 pakai oli diesel meditran SX. InsyaAllah ini reviewnya jujur dan ngga dibayar sama pihak Pertamina Lubricants.

meditran sx di soul gt 125
ilustrasi ganti oli. sumber: hai.grid.id

Kenapa Pakai Oli Meditran SX?

Pertanyaan yang mudah sekali untuk gue jawab. Karena murah. Apalagi yang curah ya. Artinya lo beli dari yang pake drum-drum besar gitu. Oli Meditran SX ini memang oli mesin diesel, kenapa dipakai di motor?

Nah kalo pernyataannya gini nih, jawabannya panjang banget. Pokoknya gue sih berkeyakinan, selama itu peruntukannya untuk oli mesin dan kekentalannya sesuai, jadi apapun olinya bisa buat mesin untuk jalan.

Impresi Awal Oli Meditran SX

Berat. Kalo lo tanya impresi awalnya emang berat. Tapi bisa meredam suara mesin jadi bisa lebih halus gitu deh. Ini oli kalau baru dipake pas awal-awal emang sedikit ngga enak sih. Coba ajak buat jalan agak jauh sampai mesin panas. Dijamin bakalan pengen betot gas mulu deh. Mirip kayak karakteristik mesin diesel, semakin panas semakin joosss….

Sanggup Berapa Lama Oli Meditran SX di Motor?

Jawabannya tentatif sih. Banyak faktor yang mempengaruhi usia pakai oli. Bensin yang dipakai, gaya berkendara, sama medan jalanan yang dilalui. Kalo lo tanya pribadi ke gue, motor Soul GT 15 ini kan dipakai sama istri gue buat ngajar ke sekolah ya. Dengan jarak dari rumah ke sekolah itu sekitar 3Km, PP jadi 6Km. Maka oli ini gue drain (ganti) setelah 3 atau 4 bulan pemakaian.

Soal Harga Oli Meditran SX

Wah bicara harga ada dua versi nih. Versi pertama kalau beli botol 1 literan di toko sparepart mobil itu harganya sekitar Rp48.000 tahun 2020 sih. Sekarang mungkin bisa Rp50.000 deh. Nah, versi keduanya, harga Rp30.000 dengan oli curah.

Oli curah itu belinya literan tanpa kemasan botol gitu. Kecuali lo bawa botol kemasan oli sendiri ya baru deh bisa ditempatin. Soal harganya sih menurut gue bedanya lumayan lah. Karena gue sekali beli itu 4 liter, jadi selisih 40 ribuan, wong harga oli curah Meditran SX ini masih diangka Rp30.000 (tahun 2020).

Saran Buat yang Mau Pake Oli Meditran SX




ganti oli meditran sx
ilustrasi ganti oli. sumber: evalube.com
Sebenernya gue ngga merekomendasikan oli ini buat lo pake sih. Tapi, gue udah pake oli ini di beberapa motor kayak Karisma sama Soul GT 125 ini. Sejauh ini sih aman-aman aja tanpa ada kendala yang berarti sih. Malah dulu pas pakai di motor Karisma, terus bongkar bak kopling. Alhamdulillah bersih tuh dalemannya.

Artinya? Ya paling simpel buat dipahami sih kalau lo pakai oli diesel di motor, mesin lo ngga akan kenapa-kenapa. Tapi, sekali lagi nih gue ingetin...gue ngga maksa buat lo pakai oli diesel ini di motor ya. Kerusakan dan kenyamanan berkendara ditanggung masing-masing pemilik.

Udah lah ya, sampai disini dulu aja cerita gue pas pakai oli Meditran SX di Yamaha Soul 125 selama setahun. Alhamdulillah ngga kenapa-kenapa tuh. Tapi ingat, tetep ganti rutin oli motor lo ya supaya ngga jebol.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar