Bukan Review dan Cerita

Senin, 21 Desember 2020

Liburan Akhir Tahun, di Rumah Aja atau ke Luar Kota?

Bulan Desember adalah bulan yang identik sama yang namanya liburan. Biasanya orang-orang memilih liburan ke luar kota untuk menikmati akhir tahun bareng keluarga. Sedihnya, di bulan Desember tahun ini, lo nggak bisa liburan ke luar kota seleluasa biasanya.

Dikutip dari situs Kompas, mulai tanggal 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, kalau lo mau keluar masuk wilayah DKI Jakarta untuk berlibur ataupun untuk keperluan lain, lo harus menyertakan surat hasil pemeriksaan rapid test antigen. Berbeda dengan rapid test antibodi yang pemeriksaannya menggunakan sampel darah, rapid test antigen menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung atau tenggorokan, mirip seperti PCR atau yang secara awam sering disebut sebagai swab test. Selain itu, tentunya lo juga harus mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Liburan Akhir Tahun, di Rumah Aja atau ke Luar Kota?
sumber foto: kompas.com


Emang bikin galau sih, liburan di tengah pandemi kayak gini. Pengen ke luar kota atau jalan-jalan di dalam kota, tapi khawatir terpapar virus. Mau liburan di rumah aja, tapi takut bosen. Terus enaknya gimana, ya?

Nah, kalau lo pengen liburan ke luar kota ataupun cuma jalan-jalan di dalam kota, pastikan lo memilih destinasi wisata yang nggak terlalu ramai demi menghindari kerumunan. Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan-aturan terkait pencegahan COVID-19 yang berlaku di destinasi wisata yang lo pilih. Dengan begitu, lo sekeluarga bisa tercegah dari paparan virus.


Tapi, kalau lo memutuskan buat liburan di rumah aja, lo bisa cari kegiatan-kegiatan seru yang bisa lo lakuin bareng keluarga biar nggak bosen. Misalnya, nonton konser online sambil tiduran dan nyemilin kacang, olahraga gratis dengan ngikutin video-videonya Chloe Ting di Youtube, atau nyobain resep masakan baru bareng nyokap. 

Intinya, mau menghabiskan liburan akhir tahun di mana dan dengan cara apa, itu terserah lo. Yang penting, lo harus selalu mematuhi protokol kesehatan di manapun dan kapanpun. Jangan sampai lengah karena pandemi belum selesai. Stay safe dan selamat liburan!

Referensi

https://www.alodokter.com/memahami-perbedaan-pcr-rapid-test-antigen-dan-rapid-test-antibodi-dalam-pemeriksaan-covid-19

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201217160816-37-209847/biar-paham-ini-beda-rapid-test-antigen-dan-swab-test-pcr

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/16/21385011/mulai-diberlakukan-18-desember-sebagai-syarat-keluar-masuk-jakarta-ini?page=all
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Tulisan Terbaru

Liburan Akhir Tahun, di Rumah Aja atau ke Luar Kota?

Bulan Desember adalah bulan yang identik sama yang namanya liburan. Biasanya orang-orang memilih liburan ke luar kota untuk menikmati akhir ...

Follow by Email

Paling Tren