Ad Code

Contoh Daftar Isi Makalah dan Penjelasan Lengkapnya

contoh daftar isi dari sebuah makalah

Setiap mahasiswa tentu tidak asing lagi dengan makalah dan segala sistematika bagian penulisan didalamnya. Namun, agaknya tidak semua mahasiswa di kampus dapat menjelaskan terkait bagaimana contoh daftar isi makalah yang baik dan benar.

Sepintas mengerjakan suatu makalah memang terlihat mudah bila kita berpedoman pada panduan penulisannya. Namun, hasilnya tentu akan jauh lebih baik bila kita mempelajari setiap bagian sistematika penulisan suatu makalah. 

Daftar isi merupakan salah satu contoh bagian dari sistematika penulisan suatu makalah yang perlu dipaham dengan baik. Walaupun terlihat mudah untuk mengerjakannya, namun sebaiknya berhati-hati, sebab belum tentu daftar isi yang kita kerjakan sudah benar. 

Sebelum mempelajari seperti apa contoh daftar isi makalah, ada baiknya bila kita memahami terlebih dahulu pengertian daftar isi. Agar nantinya, kita lebih mudah saat menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan daftar isi.

Berikut ini adalah pengertian daftar isi menurut beberapa ahli ; 

Newton Gresham Library

Daftar isi merupakan serangkaian daftar terorganisir yang memuat tentang setiap bab dan bagian utama dari dokumen yang anda rancang. Pembaca dapat terbantu dengan mengetahui apa saja dan bagaimana susunan dari dokumen yang anda rancang. 

Daftar isi berbentuk ringkas dan tertulis dengan penyusunan kalimat yang singkat dan jelas agar mudah dipahami pembaca. Daftar isi yang terformat dengan rapi merupakan indikator pertama dari suatu dokumen penelitian yang baik. 

Your Dictionary

Daftar isi adalah suatu penunjuk jalan atau panduan untuk orang lain agar dapat memahami setiap alur bagian tulisan anda. Baik saat sedang menulis essay ataupun buku, daftar isi memungkinkan seorang pembaca dapat menerima informasi secara spesifik. 

Wordnik

Wordnik berpendapat bahwa daftar isi merupakan daftar judul yang tersusun atas bagian-bagian suatu buku atau dokumen. Daftar isi tersusun secara berurutan sesuai dengan bagian-bagian suatu dokumen didalamnya. 

Daftar isi juga memiliki definisi lainnya menurut Wordnik, yakni, sebagai daftar divisi yang memuat bab dan halaman dari suatu dokumen. Namun, dalam proses penyusunannya tetap dibuat secara tertata dan berurutan. 

Contoh Daftar Isi

Setelah memahami bagaimana pengertian daftar isi menurut beberapa ahli, kini saatnya kita mempelajari seperti apa contoh daftar isi makalah. Perhatikan dengan seksama setiap bagian contoh daftar isi berikut ini agar anda bisa memahaminya dengan baik. 

HALAMAN JUDUL …………………………… i

KATA PENGANTAR ………………………… ii

DAFTAR ISI …………………………………… iii

BAB I PENDAHULUAN ……………………… 1

A. Latar Belakang ……………………………………...….. 2

B. Rumusan Masalah ……………………………………… 2

C. Tujuan Penulisan ……………………………………….. 3

D. Manfaat Penulisan ……………………………………… 3

BAB II PEMBAHASAN …………………………. 4

A. Pengertian Erosi Air …………………………………… 4

B. Penyebab Erosi Air …………………………………….. 6

C. Dampak Erosi Air ………………………………………. 12

D. Contoh Kasus Erosi Air ………………………………. 16

E. Cara Mengatasi Erosi Air ……………………………. 20

F. Upaya Pencegahan Erosi Air ……………………….. 25

BAB III PENUTUP …………………………………… 26

A. Simpulan …………………………………………………… 30

B. Saran ………………………………………………………… 31

DAFTAR PUSTAKA ………………………………… 32

Berdasarkan uraian diatas, susunan daftar makalah terdiri atas beberapa bagian dan tersusun dengan sangat rapi. Pembaca tentu akan sangat terbantu dengan keberadaan contoh daftar isi makalah berikut ini dalam memahami alur dan konsep penelitian pada suatu makalah. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar