Ad Code

Cara Tanda Tangan di Word, Begini Tutorialnya

memasukkan tanda tangan di word

Sebelum wabah covid-19 melanda Indonesia, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui cara tanda tangan di Word. Padahal, sebenarnya, jauh sebelum adanya wabah covid di Indonesia, Word menyediakan fitur untuk tanda tangan. 

Ya, tren untuk membubuhkan tanda tangan melalui lembar kerja Word sangat marak semenjak masa pandemi. Saat kegiatan belajar tatap muka harus beralih ke sistem daring, hingga turut mengadaptasi berbagai hal yang sebelumnya dilakukan secara manual. 

Terlepas daripada itu, sangatlah penting sekali agar anda juga mengetahui bagaimana cara membubuhkan tanda tangan secara online di Word. Saat keadaan tidak memungkinkan untuk membubuhkan tanda tangan secara manual, maka tanda tangan di word adalah solusinya.

Mircosoft Word ternyata menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan anda untuk mengirimkan tanda tangan secara online. Hal ini sangatlah berguna dalam sistem pembelajara ataupun pekerjaan yang dilakukan secara daring. 

Perhatikan cara tanda tangan di Word berikut ini.

Buat Tanda Tangan

Cara pertama yang wajib anda lakukan adalah dengan mempersiapkan tanda tangan terlebih dahulu pada selembar kertas. Setelah membubuhkan tanda tangan diatas kertas, fotolah kertas bertanda tangan itu dengan posisi yang jelas. 

Scan Kertas Bertanda Tangan

Setelah anda selesai membubuhkan tanda tangan diatas kertas dan telah memfotonya dengan baik, lakukan langkah berikutnya. Anda perlu melakukan scan terhadap secarik kertas yang sudah anda bubuhi tanda tangan. 

Anda bisa melakukan proses scan secara online, maupun dengan menggunakan aplikasi yang bisa anda unduh melalui HP. Begitu selesai melakukan scan, segera simpan file foto scan tersebut pada file di PC yang anda miliki agar siap digunakan. 

Membuka Word

Begitu selesai menyimpan file scan bertanda tangan, anda harus segera membuka lembar kerja Microsoft Word. Setelah itu, segeralah untuk menyisipkan file scan foto bertanda tangan tersebut kedalam lembar kerja Word yang sudah anda buka. 

Cara menyisipkan file scan bertanda tangan tersebut yakni dengan mengklik menu ‘insert’ yang berada dibagian atas lembar kerja. Setelah itu, pilih opsi ‘pictures’ dan pilih file scan foto bertanda tangan untuk diupload ke lembar kerja. 

Memformat Tanda Tangan

Setelah mengetahui cara tanda tangan di Word, anda harus menyempurnakan file scan yang sudah anda buat. Cara menyempurnakannya yakni dengan cara mengeditnya menggunakan tools yang ada di Word. 

Cara mengeditnya cukup mudah, yakni dengan cara mengklik opsi ‘colour’ dan mengklik fitur ‘Set Transparent Colour’. Cara ini berguna agar menyamarkan background kertas yang anda gunakan saat membubuhkan tanda tangan. 

Hasilnya, file tanda tangan anda akan menjadi lebih natural dan tidak tampak seperti foto yang anda tempelkan di lembar kerja word. Setelah selesai mengedit foto tanda tangan, segera pindahkan ke dokumen yang membutuhkan tanda tangan. 

Mengatur Posisi Tanda Tangan

Posisikan tanda tangan sesuai dengan lokasi yang tertera pada file yang anda bubuhi dengan file tanda tangan tersebut. Jangan lupa untuk menyimpan file tanda tangan yang sudah anda edit agar bisa menggunakannya kembali sewaktu-waktu. 

Berdasarkan uraian diatas, tentu saat ini anda sudah mengetahui bagaimana cara termudah untuk membubuhkan tanda tanga. Memang, caranya sedikit panjang, namun masih cukup mudah untuk dilakukan. 

Cara tanda tangan di Word ini akan sangat bermanfaat bila sewaktu-waktu anda harus melakukan kegiatan secara daring. Maka, jangan sampai melupakan bagaimana cara membubuhkan tanda tangan di Word. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar