Ad Code

Cara Membuat Website Gratis, Cocok untuk Pemula

visual orang sedang membuat website untuk toko online

Tampaknya, masih belum banyak orang yang sudah mengetahui cara membuat website gratis, sebab umumnya membuat website memang berbayar. Padahal, membuat website gratis bisa menjadi titik awal pembelajaran yang sarat akan nilai investasi.

Salah satu cara yang paling umum agar bisa mendapatkan uang tentu dengan menulis, ataupun juga membuat toko online. Website merupakan medium yang paling ideal dalam mewadahi kompetensi orang-orang yang punya skill menulis dan berbisnis. 

Keberadaan website tak sekedar sebagai medium yang dapat mewadahi hobi dan kompetensi yang dimiliki seseorang. Sebab, website juga menjadi medium dengan efektivitas yang tinggi dalam hal pengembangan personal branding dan juga promosi. 

Sebelum berfikir untuk membuat website berbayar dengan tampilan yang prima dan profesional agar mewadahi hobi yang anda miliki. Ada baiknya bila anda terlebih dahulu belajar mengelola website yang tidak berbayar, alias gratis.

Sebab, anda akan mempelajari banyak hal teknis didalamnya agar nantinya anda bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi. Selain itu, belajar mengelola website gratis juga membuat anda dapat mempelajari skill baru. 

Menentukan Jenis Website

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum memulai cara membuat website gratis adalah menentukan jenis websitenya. Hal ini merupakan awalan yang pantang anda abaikan, agar nantinya anda tidak kebingungan saat dalam proses merancang website.

Perlu anda ketahui, ada banyak jenis website yang bisa anda buat, seperti website pribadi, blog, web berita, toko online hingga website sekolah. Jadi, penting sekali untuk menentukan jensi website terlebih dahulu sesuai kebutuhan dan tujuan anda membuat website. 

Berlangganan Hosting dan Domain Gratis

Langkah kedua yang wajib anda lakukan dalam membuat website gratis adalah berlangganan hosting dan domain yang tidak berbayar. Umumnya, berlangganan domain dan hosting memang lebih baik menggunakan yang layanan berbayar. 

Namun berhubung anda sedang belajar membuat dan mengelola website gratis di Wordpress.org, maka sebaiknya gunakanan layanan domain yang gratis. Meskipun opsi fitur dan tools tidak lengkap, setidaknya bisa membuat anda belajar mengelola website. 

Menginstall Wordpress

Langkah selanjutnya, yakni anda harus menginstal Wordpress agar bisa melakukan proses pengerjaan website. Langkah ini sangatlah penting sekali agar anda bisa menambahkan beberapa fitur tambahan pendukung lainnya.

Menginstall Tema Gratis

Anda perlu memperindah tampilan website anda meskipun hanya sedang membuat website yang tidak berbayar. Caranya,  yakni dengan mendesain tema yang sesuai dengan kebutuhan dan juga jenis website yang sedang anda kembangkan. 

Memasang Plugin Gratis

Langkah berikutnya yang termasuk kedalam cara membuat website gratis adalah dengan memasangkan plugin. Anda bisa langsung menginstall beberapa plugin gratisan dengan mengklik ‘plugin’, lalu ‘add new’, menginstal dan mengaktifkannya. 

Mengoptimasi Website Gratis

Selanjutnya, anda bisa mengoptimasi kinerja website anda dengan cara mengisinya sesuai dengan kebuthan jensi website anda. Bila anda membuat jenis website berita, anda bisa dengan berita terkini yang sedang viral. 

Begitupun halnya bila anda sedang mengelola website berjenis toko online, anda bisa mengisinya dengan produk yang anda jual. Pastikan juga anda mengoptimasi kecepatan dan juga mempelajari SEO dalam menunjang produktivitas website anda. 

Jadi, itulah penjelasan mengenai cara membuat website gratis yang bisa anda coba terapkan dalam taraf belajar. Selanjutnya, anda bisa terus mengembangkan kemampuan anda sampai bisa merancang website berbayar dengan fitur yang jauh lebih profesional. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar