Ad Code

Bagaimana Cara Membuat Essay?

visual orang yang membaca essay


Salah satu jenis tulisan yang biasa ditemui yakni esai atau essay. Berbeda dengan skripsi, makalah, dan jurnal, jenis tulisan ini dibuat untuk melihat suatu masalah secara sepintas berdasarkan sudut pandang penulisnya. Atau dengan kata lain, esai merupakan opini penulis dalam memandang suatu permasalahan yang terjadi. 

Meskipun esai merupakan opini penulis, namun tetap harus berlandaskan pada fakta dan data agar argumen yang dilontarkan lebih kuat. Oleh sebab itu, sebelum menulis argumen, penulis biasanya akan melakukan riset mendalam sehingga apa yang ditulis sesuai dengan apa yang terjadi atau bukan omong kosong belaka. 


Walaupun esai pada dasarnya adalah sebuah opini, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara membuat essay dengan baik untuk menghasilkan suatu tulisan yang selain enak dibaca tapi juga memiliki isi yang baik. 


Essay merupakan sebuah karya tulis yang menggabungkan antara argumentasi dan fakta berdasarkan sudut pandang penulis. Dengan menulis essay, kamu bisa mengutarakan keresahan terhadap suatu masalah sekaligus mengasah cara pandang dan cara berpikir kamu. Essay sering disamakan dengan kritik sastra padahal kedua hal tersebut berbeda.


Meskipun memang memiliki persamaan dalam hal aspek yang digunakan yaitu aspek historis, reaktif dan penghakiman, namun keduanya berbeda dalam hal sudut pandang. Pada penulisan essay, sudut pandang yang digunakan subjektif sedangkan pada kritik sastra sudut pandang yang digunakan objektif. 


Sebagian orang mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat Essay. Setidaknya, ada beberapa tahap yang perlu kamu lewati saat ingin membuat essay. Ini termasuk:


Memahami Rumusan Masalah


Cara membuat essay diawali dengan memahami rumusan masalah yang akan dibahas dalam tulisan. Terdapat 3 komponen penting yang harus dilibatkan dalam membuat rumusan masalah, yaitu konten utama yang spesifik, batasan penelitian, dan hal apa yang perlu dilakukan dalam penelitian. 


Buat Argumen dengan Fakta dan Data Pendukung


Setelah memiliki rumusan masalah, kamu bisa menyusun argumen yang didasarkan pada fakta dan data yang sudah kamu riset sebelumnya. Agar lebih mudah, buatlah daftar pertanyaan saat melakukan riset agar argumen kamu nantinya lebih terstruktur. 


Mulai Menulis Essay Berdasarkan Struktur Penulisannya


Selanjutnya kamu bisa mulai menulis essay sesuai dengan struktur kepenulisannya. Biasanya essay memiliki tiga bagian, yaitu pembukaan, isi atau argumen, dan penutup. 


Masukkan Daftar Pustaka yang Kamu Jadikan Rujukan


Cara menulis essay selanjutnya adalah menambahkan seluruh daftar pustaka yang kamu jadikan sebagai rujukan untuk menguatkan argumen kamu.


Evaluasi Essay yang Sudah Kamu Buat


Setelah semua langkah di atas kamu lakukan, evaluasi essay yang telah kamu buat. Kamu bisa melihat essay yang kamu buat kembali, mungkin saja ada hal yang terlewat sehingga perlu dilakukan perbaikan dan penambahan tertentu. 


Nah, itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat essay yang mungkin perlu kamu ketahui.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar