Ad Code

Contoh Kultum Berbakti Kepada Orangtua Singkat

Salah satu tema kultum atau ceramah singkat yang sering digunakan adalah berbakti kepada orangtua. Tema ini populer hampir di semua kalangan mulai dari anak sekolah hingga dewasa.


Salah satu tema kultum atau ceramah singkat yang sering digunakan adalah berbakti kepada orangtua. Tema ini populer hampir di semua kalangan mulai dari anak sekolah hingga dewasa. Topik pembahasannya pun sangat beragam mulai dari azab durhaka pada orangtua, cara berbakti pada orangtua, jenis bakti pada orangtua, dan sebagainya. Contoh kultum berbakti kepada orangtua yang singkat juga mudah ditemukan seperti berikut ini.

Assalamualaikum wr.wb

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena limpahan ramhat dan berkahnya sehingga kita bisa berkumpul dalam acara ini. Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa terang bagi kita semua.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Hampir semua orang pasti sudah familiar dengan istilah surga dibawah telapak kaki ibu. Tapi nyatanya masih banyak yang tidak memahami maknyanya. Ungkapan tersebut bisa dimaknai bila kita menghendaki surga, maka kita harus terlebih dahulu memuliakan orangtua, yaitu bapak dan ibu.

Berbakti kepada orangtua ini bagi beberapa orang terkesan remeh. Padahal berbakti pada orangtua ini adalah ibadah dengan pahala dan balasan yang sangat besar. Bila kita tulus menyayangi dan merawat orangtua, maka insyaAllah jalan hidup juga menjadi lancar. Hal ini karena keridhaan Allah SWT terletak pada keridhan orangtua. Jadi bila ingin hidup yang lancar dan tanpa hambatan, muliakankah orangtuamu.

Sebaliknya, bila kita biasa saja atau tidak memberikan perhatian khusus, maka hidup yang kita jalani juga akan biasa saja. Allah juga akan menyepelekan kita bila kkita menyelekan orangtua. Apalagi bila sampai menyakitu atau menghina orangtua, maka balasannya adalha murka Allah SWT. Allah bisa saja memberikan kesulitan dan kesusahan dalam hidup seseorang bila ia tidak menghormati orangtuanya.

Bahkan kemurkaan Allah bagi orang yang tidak berbakti kepada orangtuanya tidak akan menunggu hingga hari kiamat seperti yang sudah dijelaskan dalam Al=Qur’an surat Al-Isra ayat 23 dan 24 serta Surat Ath-Thur ayat 16. Kemurkaan Allah akan dirasakan siapa saja yang tidak berbakti kepada orangtua meski masih di dunia.

Berbakti kepada orangtua ini menjadi salah satu ibadah paling penting dalam agama Islam. Levelnya satu tingkat dibawah iman kepada Allah SWT. Memang jalan berbakti kepada orangtua itu tidak semudah yang dikatakan namun dengan jalan yang berliku balasan Allah SWT juga sangat besar.

Hadirin yang dirahmati Allah. Demikian kultum yang bisa saya sampaikan tentang bakti kepada orangtua. Semoga kita semua menjadi golongan orang yang berbakti kepada orangtua masing-masing dan senantiasa mendapatkan ridha Allah SWT. Amin

Wassalamualaikum wr,wb

Ada banyak variasi kultum berbakti kepada orangtua yang bisa disesuaikan dengan topik masing-masing. Kamu bisa mengurangi atau menambahkan isinya namun buat kultum tetap singkat. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar