Ad Code

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Online

Kini presentasi juga dilakukan secara online. Salah satu bagian terpenting dalam presentasi adalah pembukaan.


Presentasi adalah sebuah cara untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain. Biasanya presentasi dilakukan di lingkungan pendidikan dan juga kerja. Kini presentasi juga dilakukan secara online. Salah satu bagian terpenting dalam presentasi adalah pembukaan. Bagian pembukaan ini digunakan untuk menarik perhatian penonton. Namun bagaimana contoh kalimat pembuka presentasi online yang benar?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuka sebuah presentasi. Berikut ini tiga cara membuka presentasi yang efektif.

Pembukaan dengan perkenalan

Membuka presentasi dengan perkenalan adalah cara yang paling lazim digunakan. Kamu akan berhadapan dengan orang yang baru, sehingg perkenalan diri menjadi salah satu cara untuk untuk membuka presentasi.

Selamat pagi. Perkenalkan saya Gwenina, management trainer  dari Professional Training. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa materi tentang customer service management. Sebelum memasuki presentasi inti, saya akan membacakan rundown pelatihan untuk hari ini. Berikut ini contoh pembukaan presentasi dengan perkenalan.

Pelatihan akan dimulai pada jam 09.00 hingga jam 3 sore dengan istirahat satu jam selama jam 12 hingga jam 1. Nanti juga ada sesi tanya jawab disela pelatihan yang akan diinformasikan lebih lanjut.

Pembukaan dengan kutipan

Cara yang antimainstream untuk membuka presentasi adalah dengan memberikan kutipan atau quotes. Memberikan kutipan ini membantu meningkatkan fokus audiens untuk mengikuti presentasi dengan antusias. Contoh pembukaan presentasi dengan kutipan adalah sebagai berikut.

“Seth Godin, yang seorang penulis dan ahli pemasaran dari Amerika Serikat, pernah mengungkapkan bahwa  jangan mencari pelanggan untuk produk anda, tapi temukan yang tepat untuk pelanggan anda.”

Pembukaan dengan data

Kalau dirasa pembukaan dengan cara perkenalan sudah terlalu biasa, kamu bisa langsungs saja membahas inti dari presentasi dengan menyajikan data dan fakta yang berhubungan dengan materi. Dengan cara ini penonton akan langsung memahami inti presentasi. Selain itu, cara ini juga menghemat waktu terutama kalau kamu mempunyai waktu terbatas untuk presentasi. Berikut ini contoh pembukaan presentasi dengan memberikan data.

“Dikutip dari situs Conservation.org, faktanya dampak perubahan iklim ini mempengaruhi 11% dari total populasi dunia atau sekitar 800 miliar orang berpotensi mengamali dampak perubahan iklim ini. Selain itu, 11% dari semua emisi gas kaca global disebabkan oleh deforestasi atau penebangan hutan dimana angka tersebut setara dengan emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.”

Apapun cara yang digunakan untuk membuat pembukaan presentasi, pastikan bila pembukaan yang dibuat padat dan singkat. Kamu punya sedikit waktu saja untuk menarik perhatian audiens melalui pembukaan tersebut. Beberapa contoh kalimat pembuka presentasi online diatas bisa kamu gunakan untuk membuka presentasi yang efektif dan menarik perhatian

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar