Ad Code

Kata Sambutan Tuan Rumah yang Simpel untuk Berbagai Acara

Sambutan tuan rumah tidak harus disampaikan oleh tuan rumah sendiri namun bisa melalui orang yang ditunjuk.


Ketika menggelar acara pribadi seperti pengajian atau pernikahan, memang sudah umum bila tuan rumah memberikan kata sambutan. Sambutan tuan rumah tidak harus disampaikan oleh tuan rumah sendiri namun bisa melalui orang yang ditunjuk. Memberikan kata sambutan ruang rumah yang simpel bisa menjadi rumit apalagi kalau kamu tidak pernah atau jarang memberikan sambutan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi elemen pada kata sambutan.

Unsur pada sambutan tuan rumah

Kata sambutan tidak perlu dibuat terlalu panjang karena memang tujuannya tidak sama seperti pidato. Dalam kata sambutan harus mempunyai beberapa unsur berikut ini:

· Salam pembuka dan sapaan

· Tujaun acara (misalnya acara pengajian, tahlilan, ulang tahun, dan lainnya)

· Ucapan terima kasih pada tamu yang sudah hadir

· Permohonan maaf bila ada kesalahan, baik dari segi tempat, hidangan, pelayanan, dan sebagainya.

· Salam penutup

Contoh sambutan tuan rumah

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulilahirobbil alamin,

Yang kami hormati tamu undangan sekalian,

Pertama mari kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT atas rahmat dan karunia sehingga kita bisa berkumpul di acara pengajian atas kelahiran putri kami (nama anak) pada hari ini dengan bahagia.

Bapak ibu yang berbahagia, selain mengucapkan syukur pada Allah SWT, kami selaku tuan rumah juga menyampaikan banyak terimakasih atas kehadiran bapak/ibu sekalian. Dalam kesibukan yang luar biasa masih bisa menyempatkan untuk datang dan memberikan doa pada anak kami. Semoga niat dan amal baik bapak/ibu sekalian diberikan balasan oleh Allah SWT. Amin.

Tidak lupa kami mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam acara pengajian ini ada banyak kekurangan baik dari segi tempat, acara, dan juga hidangan yang kami suguhkan. Sungguh kamu sudah mengupayakan yang terbaik bagi bapak/ibu sekalian.

Terakhir, kami mohon kesediaan bapak/ibu sekalian untuk mendoakan putri kamu. Semoga putri kami menjadi anak yang sholihah, berbakti kepada kedua orang tua, dan bermanfaat bagi agama dan negara. Semoga harapan dan keinginan kita semua dikabulkan oleh Allah SWT. Amin ya robbal alamin.

Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan, bila ada kekurangan kami mohon maaf. Wassalamualaikum wr.wb

Menyampaikan kata sambutan tuan rumah yang simpel memang bisa membuat kamu gugup. Sebaiknya kamu menuliskan kata sambutan, bisa dalam bentuk draft atau tulisan penuh. Dengan menuliskan kata sambutan, kamu bisa membacanya ketika acara berlangsung dan tidak terlalu gugup. Jangan lupakan ejaan yang jelas dan Bahasa yang santun karena kamu mewakili tuan rumah. Kamu bisa melakukan apapun yang bisa membuat kamu rileks dan tidak gugup misalnya latihan pernapasan. Santai dan tidak gugup adalah kunci kesuksesan dalam menyampaikan sambutan tuan rumah. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar