Ad Code

Apa itu Tawasul Sebelum Membaca Al-Quran?

Biasanya tawasul dilakukan sebelum melakukan ibadah utama seperti memabca Al-Qur’an atau berdoa.


Ada banyak jenis amalan yang bisa dilakukan oleh umat Muslim untuk mendapatkan ramah Allah SWT. Salah satunya adalah tawasul yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya tawasul dilakukan sebelum melakukan ibadah utama seperti memabca Al-Qur’an atau berdoa. Lalu, apa itu tawasul sebelum membaca Al-Qur’an?

Apa itu tawasul?

Tawasul adalah sebuah amalan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melaksanakan ketaatan dan ketaqwaan terhadap-Nya. Selain itu, ketika bertawasul kamu juga mengikuti petunjul Rasulullah serta mengamalkan seluruh amalan yang dicintai dan diridhai Allah. Intinya, tawasul adalah ibadah yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan ridha dan surga Allah SWT.

Tawasul ini merupakan amalan umum untuk umat Muslim yang menganut mahdzab Imam Syafi’i. Aktovotas ini bertujuan unyuk mengambil wasilah atau sarana agar doa dan ibadah sesorang bisa diterima, dikabulkan, atau diijabah.

Dari segi bahasa, tawasul sendiri mempunyai arti al-wasilah yang berarti segala hal untuk menyempaikan atau mendekatkan kepada sesuatu. Sedangkan menurut istilah, tawasul ini merupakan segala hal yang mendekatkan seseorang kepada Allah SWT, yaitu melalui ketaan atau kebaikan yang disyariatkan. Tawasul ini bisa dilakukan sebelum ibadah utama seperti sebelum membaca Al-Qur’an. Sehingga ketika membaca Al-Qur’an kamu akan terasa menyatu kedalamnya.

Jenis tawasul

Secara umum tiga jenis tawasul yang sering diamalkan, yaitu sebagai berikut:

· Tawasul bi asmaillah – yaitu merupakan level tawasul yang paling tinggi dengan menyebut sifat dan nama Allah.

· Tawasul bi a’mali shalihah – tawasul ini dilakukan dengan menyebut amalan baik yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya.

· Tawasul bis-sholihin – tawasul ini dilakukan bersama dengan orang-orang shalih.

Sebagai salah satu amalan, memang masih banyak orang yang meragukan tawasul ini. Namun kamu bisa menemukan ajakan tawasul ini dalam Al-Qur’an yaitu surat Al Maidah ayat 35 dan surat Al-A’raaf ayat 180.

Membaca tawasul yang mustajab

Tawasul memang bukan  menjadi satu-satunya jalan agar doa dikabulkan. Namun kamu harus mempelajari terlebih dahulu prinsip tawasul agar bisa mempraktekkannya dengan benar. Ada empat prinsip yang harus dipahami ketika melakukan tawasul yaitu meyakini bila hanay Allah tempat untuk meminta dan memohon serta Maha Mengabulkan permohonan. Kedua, menyadari bahwa manusia penuh kezaliman dan dosa. Sehingga membutuhan perantara orang saleh orang yang lebih berhak dikabulkan permintaanya. Ketiga, tawasul adalah cara meminta atau memontoh kepada Allah yang lebih sopan. Keempat, menyadari bahwa seluruh anugerah Allah yang diberikan kepada manusia selalu melalui perantara.

Dengan memahami prinsip tawasul tersebut, kamu bisa melakukan tawasul dengan harapan doa yang dipanjatkan bisa dikabulkan oleh Allah. Memahami apa itu tawasul sebelum membaca Al-Quran memang sangat penting agar kamu tidak salah dalam mempraktekkannya dan menjadi amalan yang sia-sia.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar