Ad Code

Begini Cara Membuat Catatan Wali Kelas di Masa Pandemi

Membuat catatan harus mempertimbangkan karakter anak. 

Selama pandemi, proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Metode belajar ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA/SMK. Meski pembelajaran di lakukan jarak jauh, guru tetap harus memantau perkembangan murid dengan membuat catatan walikelas di masa pandemi. Catatan walikelas ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk melihat perkembangan murid apakah semakin baik atau malah menurun.

Catatan yang dibuat oleh walikelas akan disampaikan ketika pembagian rapor. Dengan memberikan catatan murid, orangtua bisa mengetahui perkembangan anak dengan jelas. Lalu bagaimana cara membuat catatan walikelas di masa pandemi?

Lihat karakter anak

Sebelum membuat catatan, walikelas harus memahami bila karakter setiap anak berbeda. Membuat catatan harus mempertimbangkan karakter anak. Kamu bisa memperhatikan perkembangan karakter anak berdasarkan proses belajar daring. Apakah belajar daring memberikan perubahan karakter pada anak baik positif dan negative. Perhatikan perubahan tersebut dan buat sebagai catatan walikelas. Catatan berdasarkan karakter ini  bisa menjadi catatan untuk perilaku anak.

Tetapkan peraturan

Meski pembelajaran dilakukan dari rumah, kamu tetap harus menetapkan peraturan. Misalnya tidak boleh mematikan kamera dan mikrofon selama pembelajaran online, harus menggunakan seragam ketika pembelajaran berlangsung, tidak boleh makan selama pembelajaran, dan sebagainya. Bila ada yang melanggar bisa kamu jadikan catatan walikelas.

Buat catatan harian

Catatan walikelas yang ditulis di rapor sebaiknya ditulis secara singkat dan mudah dimengerti. Kamu bisa membuat catatan harian sebagai evaluasi hasil belajar. Kemudian buat rangkuman dari catatan tersebut. Catatan harian ini memudahkankamu untuk mengingat detail yang penting untuk pembelajaran.

Catatan hasil belajar

Selain catatan kelakuan dan karakter murid, catatan walikelas juga bisa seputar hasil belajar. Kamu bisa mencatat progress belajar siswa ketika belajar secara daring dan kemudian memberikan evaluasi. Misalnya ada anak yang prestasinya terus menurun ketika belajar daring. Kamu bisa memberikan catatan hasil belajar anak tersebut sehingga bisa membuatnya meningkatkan proses belajar.

Catatan walikelas menjadi salah satu laporan penting yang dijadikan acuan bagi wali murid. Dengan begitu wali murid bisa mengetahui perkembangan anak mereka baik secara akademik maupun sikap selama pembelajaran. Berikut ini contoh catatan walikelas di masa pandemi.

· Jangan terlalu banyak main game selama belajar dari rumah. Gunakan waku dan fasilitas teknologi sebaik-baiknya untuk belajar.

· Meski belajar dari rumah, tetap disiplin dengan jadwal belajar dan kurangi waktu bermain.

· Ayo jadikan waktu belajar dari rumah ini sebagai waktu yang tepat untuk meningkatkan prestasi. Jangan lali dan kendor karena terlalu banyak nonton TV atau main game.

Membuat catatan walikelas di masa pandemi memang susah. Guru tidak bisa bertemu secara langsung dengan murid. Meski begitu kamu bisa menetapkan beberapa poin yang dijadikan sebagai acuan untuk membuat catatan walikelas.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar