Ad Code

Wajib Tahu! Arti dari Kata Estetika

Dilansir dari KBBI online, kata estetika merupakan kepekaan terhadap seni dan keindahan.

Kata estetis menjadi sering digunakan oleh warganet untuk memaknai sesuatu yang indah dan unik. Padahal arti sebenarnya kata estetika sendiri bukanlah seperti yang kerap digunakan. Tidak heran banyak orang, terutama ahli Bahasa, yang kurang setuju dengan penggunaan kata estetis ini. Kalau kamu termasuk yang sering menggunakan kata ini, yuk pelajari lagi arti dari kata estetika sendiri adalah agar kamu bisa menggunakan kata dengan lebih tepat.

Apa itu estetika?

Kata estetika diambil dari Bahasa Yunani, aesthesis yang artinya menunjukkan sensitivitas atau perasaan terhadap sesuatu. Nah seiring waktu, penggunaan kata estetis ini bergeser dari arti yang sebenarnya. Kata aesthetic yang sering digunakan sekarang ini berasal dari Bahasa Latin aestheticus. Arti kata estheticus ini adalah merasa, sehingga estetika bisa diartikan sebagai susunan dari bagian yang menciptakan keselarasan.

Dilansir dari KBBI online, kata estetika merupakan kepekaan terhadap seni dan keindahan. Lebih lanjut tentang estetika adalah sebuah cabang filsafat yang menelaah atau membahas tentang keindahan dan seni serta tanggapan manusia terhadap hal tersebut. Sebagai sebuah ilmu, estetika ini mempunyai beberapa unsur seperti unsur bentuk, warna, tema, dan motif hias yang digunakan dalam menelaah sebuah seni.

Kata estetika dan estetis

Tren penggunaan kata estetika ini diawali ketika sesorang melihat hal yang dianggap berseni dan indah misalnya dari foto Instagram. Hal yang dianggap berseni dan indah itu lantas dimaknai sebagai sesuatu yang estetis dan mengandung nilai estetika. Sehingga banyak orang mengagumi hal tersebut.

Secara umum kata estetika digunakan untuk mengungkapan apresiasi pada satu keindahan atau seni serta rasa kagum pada suatu hal. Nilai estetika ini berbeda bagi setiap orang karena sifatnya relatif. Sehingga setiap orang mempunyai tanggapan yang berbeda untuk keindahan atau sebuah seni. Faktanya pengalaman estetis cenderung menekankan pada hal yang dialami secara natural dan bukan hal yang bisa ditiru atau dimanipulasi.

Selain kata estetika, kata estetis juga menjadi salah satu kata yang banyak digunakan untuk menggambarkan kekaguman. Kata estetis dalam KBBI mempunyai makna mengenai keindahan dan menyangkut apresiasi keindahan (alam, seni, dan sastra). Di media sosial, kata estetis biasa digunakan sebagai respon untuk konten yang mempunyai nilai artistik dan indah.

Dalam percakapan sehari-hari kata estetis digunakan untuk mengungkapkan perasaan kagun pada satu hal seperti dan bermakna seperti ‘keren banget’. Arti dari kata estetika itu sendiri adalah unkapan perasaan pada suatu hal yang dianggap indah dan unik. Penggunaanya juga tidak lagi spesifik pada obyek seni namun berbagai hal yang dianggap unik dan anti mainstream. Biasanya kata estetika ini digunakan oleh anak muda atau dewasa muda. Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan dengan arti kata estetika.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar