Ad Code

Bagian Struktur Kalimat Penutup Pidato yang Tepat

Kalimat penutup pidato harus memuat unsur harapan atau doa sesuai dengan topik yang disampaikan.

Secara umum, pidato terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Bagian penutup pidato memiliki pentingnya yang sama dengan dua bagian lainnya karena berfungsi sebagai pelengkap pidato. Tanpa adanya penutup, pidato akan terasa kurang lengkap dan canggung. Kalimat penutup pidato yang tepat terdiri dari rangkaian kalimat untuk mengakhiri pidato secara resmi. Terdapat beberapa elemen yang dapat digunakan sebagai penutup pidato. Berikut ini adalah lima elemen penutup pidato yang bisa Anda coba.

Doa dan  atau Harapan

Kalimat penutup pidato harus memuat unsur harapan atau doa sesuai dengan topik yang disampaikan. Penyampaian harapan sebagai penutup pidato harus tegas dan jelas sehingga mudah dipahami audiens. Dengan begitu audiens akan mempunyai harapan yang sama dan menerapkan apa yang sudah disampaikan dalam pidato.

Misalnya kamu membuat pidato tentang generasi muda, maka kamu bisa membuat kalimat penutup dengan unsur harapan seperti berikut “Semoga kita menjadi bagian dari generasi muda yang tetap menjunjung etika dan berperilaku baik.”

Kesimpulan

Bagian penutup pidato juga bisa dibuat menjadi kesimpulan yang merangkum isi pidato. Kesimpulan sebagai penutup pidato diambil dari sisi positif dari topik yang digunakan untuk menekankan isi pidato. Menggunakan kesimpulan sebagai penutup membuat pidato menjadi kuat dan berbobot. Contoh kesimpulan yang digunakan sebagai penutup pidato adalah sebagai berikut “oleh karena itu, sebaiknya kita mulai lebhi peduli dengan lingkungan untuk mencegah krisis iklim menjadi lebih parah.”

Himbauan

Himbauan sebagai kalimat penutup mempunyai fungsi yang hampir sama dengan harapan. Kamu mengajak audiens untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat sesuai dengan topik pidato. Himbauan bersifat ajakan sehingga kalimat yang digunakan adalah jenis kalimat persuasive. Berikut ini contoh kalimat penutup pidato yang berupa himbauan “Mari kita bersama memerangi krisis iklim global untuk menciptakan bumi yang layak huni demi kebaikan anak cucu di masa depan.”

Ucapan terima kasih

Ucapakan terima kasih juga dapat digunakan untuk menutup sebuah pidato. Jenis penutup pidato ini jelas, padat, dan ringkas. Dengan menyampaikan terima kasih maka pidato dianggap selesai. Terima kasih biasanya diucapkan untuk mengeskpresikan rasa terima kasih bagi audiens yang sudah hadir dan mendengarkan pidato dengan khidmat. Kamu bisa membuat penutup pidato sesederhana “Terima kasih atas perhatian bapak/ibu.”

Permohonan maaf

Ucapan terima kasih biasanya berjodoh dengan permohonan maaf. Kamu bisa memadukan dua elemen penutup pidato ini untuk mengakhir sebuah ceramah. “Terima kasih atas perhatian yang diberikan, mohon maaf apabila ada kesalahan.”

Memahami kalimat penutup pidato yang tepat adalah penting. Dengan memahami elemen penutup pidato, kamu bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan beberapa elemen untuk mengakhiri pidato. Namun harus diperhatikan bila kalimat penutup pidato tidak perlu dibuat terlalu panjang karena akan membuat pidato menjadi membosankan.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar