Ad Code

Review Techno Park Gunadarma, Zona Pengembangan Teknologi

review technopark gunadarma

Salah satu kawasan di Cianjur yang wajib dikunjungi saat bersama keluarga dan teman adalah Gunadarma Techno Park. Technopark Gunadarma atau dikenal juga sebagai Gunadarma Technopark (GTP) adalah pusat terpadu pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan dan bisnis. Fasilitas ini mulai dibangun pada tahun 2015, di Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat oleh salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Gunadarma.

Techno Park Gunadarma ini merupakan salah satu fasilitas yang didirikan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Khususnya tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau teknologi tepat guna pada berbagai bidang ilmu yang dikembangkan di Universitas Gunadarma.

Saat memasuki kawasan Gunadarma Technopark (GTP), Anda akan disuguhkan dengan cluster/zonasi yang secara khusus menitikberatkan pada pengembangan salah satu aspek penerapan teknologi terintegrasi. Technopark Gunadarma ini memiliki beberapa area tematik, antara lain Agropark, Technopark, Ecopark, Agroscience, Edupark, Tourismpark, Sport Sciencepark. Semua terintegrasi dalam sebuah Taman Wisata Agroekonomi. Masing-masing bidang ini memiliki tujuan yang berbeda. Misalnya, Agrotechnopark adalah kawasan untuk pengembangan industri pertanian berbasis teknologi seperti teknologi pasca panen, peternakan, perikanan dan pertanian pertanian.

Sedangkan untuk wilayah pengembangan industri pengolahan berbasis teknologi, yaitu pengolahan pasca panen, bengkel teknologi tepat guna, pengolahan limbah industri terletak di kawasan Teknopark. Sementara itu, Ecoedupark merupakan ruang edukasi tentang teknologi informasi, pariwisata dan belanja.

Untuk Park Agroscience (ASP) dan Park Agrotechno (ATP) merupakan kawasan fungsional untuk penerapan berbagai teknologi bidang pertanian tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan, peternakan, dan perikanan, dan pengolahan produk (pasca panen) yang telah dipelajari oleh banyak LPNK, swasta, PTN/PTS untuk diterapkan dalam skala ekonomi, serta balai pelatihan dan pusat transfer teknologi ke masyarakat luas.

Pada wilayah ASP dan ATP juga terdapat application hall, ruang percontohan teknologi pertanian yang terintegrasi dengan ilmuwan. Selain itu, ASP dan ATP juga memberi pelatihan dan alih teknologi pertanian terpadu kepada masyarakat di bidang budidaya tanaman dan teknologi perbenihan (tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan), teknologi pasca panen dan pengolahan hasil, teknologi peternakan unggas dan ruminansia, dan teknologi budidaya ikan.

Secara khusus, pembuatan wilayah ASP dan ATP bertujuan untuk meningkatkan penerapan dan alih teknologi hasil Litbang Kementerian Riset dan Teknologi, swasta dan perguruan tinggi kepada masyarakat. ASP dan ATP juga membangun model percontohan pertanian yang mengintegrasikan pertanian, peternakan dan perikanan ke dalam satu siklus produksi. Selain itu, ASP dan ATP juga berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri di bidang teknologi pertanian dan agribisnis.

Fasilitas Gunadarma Technopark

Untuk menunjang aktivitas pengunjungn, pengelola menyediakan banyak fasilitas yang bisa ditemukan dalam Technopark Gunadarma, di antaranya:

1. Musholla dan Rest Room

Saat berkunjung ke Gunadarma Technopark, pengunjung muslim tidak perlu khawatir karena GTP telah menyediakan mushola bagi pengunjung muslim untuk beribadah di sana. Mushola ini terletak di ujung barat daya area GTP. Lokasi dekat kolam pemancingan. Luas bangunannya mencapai 400 m2 dan dilengkapi dengan beberapa kamar mandi, WC dan tempat wudhu. Desain bangunan terbuka menyerupai pendopo Joglo Jawa dengan ciri khas atapnya adalah trapesium terbalik yang sesuai dengan tema umum atap GTP. Bangunan ini didesain menyatu dengan rest room/rest area. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung yang ingin melakukan ibadah dan sekaligus istirahat sebelum melanjutkan petualangan di Gunadarma Technopark.

2. Arboretum GTP

Arboretum GTP merupakan salah satu bangunan unik yang bisa ditemukan di Gunadarma Technopark. Bangunan ini berbentuk seperti piramida dengan ukuran dasar 52 x 52 m2 dan tinggi 50 m. Arboretum GTP mengikuti model pembangunan Bird Garden yang ada di Taman Mini Indonesia Indah yang dipadukan dengan Lovery di Perancis. Sementara itu, setiap sisi bangunan terbuat dari scree polycarbonate, sehingga menjadikan Arboretum GTP tahan cuaca namun ringan. Di dalam gedung ini terdapat berbagai macam koleksi tumbuhan tropis dan beberapa koleksi tumbuhan subtropis, gurun pasir dan tundra. Di dalamnya terdapat miniatur air terjun, jembatan gantung, aneka burung dan kupu-kupu yang dibiarkan hidup bebas layaknya binatang di hutan. Di dalam Arboretum ini juga terdapat panggung mini yang bisa digunakan untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun atau upacara kecil lainnya yang ingin mengambil tema nuansa alam. Arboretum juga dilengkapi dengan lampu yang menerangi aktivitas yang berlangsung di sana pada malam hari. Arboretum ini sangat cocok sebagai tempat belajar botani.

3. Outbound Training

Di sebelah utara amfiteater ada outbound training. Wahana ini masih satu lingkaran dengan Education Building yang berada di luar Indonesian Miniature LandscapEducation Building. Berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi, wahana ini menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada berbagai wahana di wahana ini seperti flying fox, trampolin, climbing web dan lain-lain. Outbound Training sangat cocok untuk kegiatan pengembangan kepribadian atau team building.

4. Systematic Garden

Systematic Garden (SG) merupakan taman dengan banyak koleksi tumbuhan-tumbuhan langka di Indonesia. Jumlah pohon langka yang telah ditanam di Systematic Garden mencapai 44 pohon, termasuk buah-buahan atau pohon langka yang ada di Indonesia. Selain itu, Systematic Garden digunakan untuk menanam berbagai jenis varietas tanaman herba yang dikelompokkan menurut familinya dalam bedengan yang dirancang khusus dengan bentuk dan pola yang sistematis. Jalur setapak di Systematic Garden dirancang sebagai jalur refleksiologi. Di keempat sudut Systematic Garden dibangun embung. Tujuan pembangunan embung ini adalah untuk menjadi cadangan air irigasi.

Systematic Garden ini juga dilengkapi dengan gazebo di tengahnya untuk menikmati suasana air atau bermain dengan ikan-ikan yang sengaja dipelihara di sana.

Dengan berbagai fasilitas dan keunggulan yang ada di dalamnya, Technopark Gunadarma (GTP) dapat menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman untuk ketika berlibur. 
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar