Ad Code

Cukup Mudah, Cara Membuat Absen di Google Form

cara membuat absen di google form - blogbangbot


Cara membuat absen di Google Form diperlukan untuk bidang pekerjaan ataupun pendidikan. Absen online ini bertujuan untuk mengetahui siapa karyawan atau murid yang tetap bekerja di rumah.

Cara membuat absen online pada platform Google ini cukup diperlukan. Terlebih pada masa pandemi sekarang ini, dimana ada banyak kantor dan sekolah yang mempekerjakan karyawan di rumah atau menerapkan belajar online sebagai cara mencegah penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, cara membuat absen online ini dibutuhkan untuk mengumpulkan daftar hadir dalam pekerjaan ataupun kelas. Dengan fitur ini, pimpinan perusahaan ataupun guru dapat mendata karyawan ataupun muridnya yang tetap bekerja atau belajar di rumah masing-masing.


Software administrasi survei yang pertama kali dirilis pada Februari 2008 ini disertakan menjadi bagian dari sistem Google Docs berbasis web yang ditawarkan secara gratis oleh Google. Form memperlihatkan seluruh fitur berbagi yang dijumpai pada Dokumen, Slide, dan Spreadsheet.

Keuntungan penggunaan Google Form antara lain gratis, mudah disebarkan, serta hasilnya dapat dimasukkan pada Google Sheets. Data pun dapat didownload dan diolah dengan lebih sederhana.

Sekalipun telah mulai dikenal, akan tetapi ada beberapa kalangan yang belum mengerti bagaimana cara membuat absen online di platform Google ini. software administrasi survey yang disertakan dalam Google Docs Editor ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan komputer ataupun smartphone.

Membuat Google Form dapat dilakukan dengan Google Drive. Berikut cara-caranya:

  1. Buka Google Drive.
  2. Pilih menu “New” yang ada di bagian kiri atas tampilan Google Drive.
  3. Berikutnya akan muncul beberapa opsi layanan Google, pilih Google Forms.
  4. Selesai.
Selain menggunakan komputer, membuat Google Form juga dapat dilakukan dengan smartphone dengan cara-cara cukup mudah. Anda hanya perlu membuka web browser pada smartphone, kemudian buka laman forms Google, hingga Anda ada di halaman utama Google Form.


Pada masa pandemi, absen online dibutuhkan oleh kantor yang menerapkan WFH (work from home) ataupun sekolah yang belum tatap muka. Berikut beberapa langkah membuat absen dengan Google Form:
  1. Buka Google Form.
  2. Buatlah formulir baru dengan klik pilihan formulir kosong.
  3. Beri judul serta deskripsi formulir dengan klik di masing-masing kolom.
  4. Berikutnya buatlah kolom nama karyawan atau siswa dengan klik kolom di bawah kolom deskripsi. Lengkapi sesuai kebutuhan.
  5. Ubah pilihan jawaban dengan bentuk “jawaban singkat” dan aktifkan fitur “wajib diisi”.
  6. Buat kolom jadwal dengan klik ikon +, kemudian buatlah sesuai kebutuhan.
  7. Buat kolom keterangan dengan klik ikon +.
  8. Berikutnya klik kirim di bagian kanan atas formulir guna membuat link.
Cara membuat absen di Google Form terakhir, klik ikon link yang ada di tengah, kemudian klik perpendek link dan salin link. Link pun akan tersalin dan siap untuk dibagikan pada calon pengisi formulir.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar