Ad Code

Gimana Ya Cara Jadi Qari yang Baik?

cara menjadi qari
Assalamualaikum guys apa kabar? Semoga Allah memberikan kesehatan bagi kita semua, Aamiin. Sebagai umat muslim kita wajib untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Jadi kali ini kita bakal bahas soal Qari guys, kuy lah perhatikan seksama ya!

Pengertian Qari

Qari' (qāriʾ, bahasa Arab: قَارِئ‎, jamak قُرَّاء qurrāʾ, "pembaca") adalah orang yang melantunkan bacaan Al-Quran dengan mentaati aturan-aturan (tajwīd) yang benar.

Ada beberapa kesalahan umum nih yang nganggep qari haruslah menjadi ḥāfiż(ah) atau penghafal Al-Quran terlebih dahulu. Seorang qari nggak harus menjadi penghafal Al-Quran, tetapi hanya menjadi pelantun bacaan Al-Quran yang nerapin aturan dalam ilmu tajwid dengan benar. Walaupun akan lebih keren dan jadi nilai tambah kalo seorang qari juga adalah seorang Hafiz sebelum ia menjadi qari.

Qari merupakan istilah penyebutan yang disematkan kepada laki-laki yang membaca Al-Qur’an, sedangkan Qariah merupakan istilah penyebutan yang disematkan kepada perempuan yang membaca Al-Qur’an.

Cara Menjadi Qari

Nih kalo kalian mau jadi Qari, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dan dilatih agar bisa menjadi Qari yang baik.

Melatih Bacaan Makhorijul Huruf Hijaiyah

Cara ini bisa dilakuin dan dilatih agar bisa menjadi Qari Al-Qur’an yang baik, sekaligus menjadi fondasi langkah utama yang mesti dilakukan sebagai latihan. Yakni, cara pelafalan setiap huruf hijaiyah secara satu per satu dengan benar sesuai dengan Makhrajnya. Sehingga, seseorang secara kebiasaan bakal mampu melafalkan setiap rangkaian kata yang pada umumnya sulit dilafalkan.

Melatih Kekuatan Suara

Melatih kekuatan suara sangat diperluin dalam upaya menjadi seorang Qari yang baik, karena hal tersebut bakal berkaitan sama aspek pernafasan. Maka, ketika seseorang secara rutin ngelatih pernafasannya, ia akan mampu ngasilin kekuatan kualitas suara yang baik. Namun, penekanan pada aspek melatih kekuatan suara bukan terletak pada seberapa tinggi atau kerasnya suara yang dihasilkan, namun lebih kepada seberapa jelasnya pelafalan suara dari huruf hijaiyah ataupun kalimat yang dibacakan.

Melatih Suara Bernada Tinggi

Seseorang pada umumnya, punya kekuatan suara sebesar 3 oktaf, meskipun ada juga nih beberapa orang yang memiliki kekuatan suara yang jumlahnya melebihi kekuatan 3 oktaf. Namun, yang penting dalam melatih suara bernada tinggi juga sangatlah disaranin agar bisa melafalkan bacaan Al-Qur’an yang lebih baik dan menarik.

Syarat Menjadi Qari

Terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatiin dan dipenuhin agar seseorang bisa menjadi seorang Qari Al-Qur’an yang baik.
  • Punya niatan yang ikhlas semata-mata hanya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala saat menjadi Qari.
  • Punya pemahaman serta kemampuan yang baik dalam mahamin ilmu tajwid.
  • Punya seorang guru pembimbing yang ahli dalam bidang Qari’ Al-Qur’an.
  • Paham setiap arti dan makna dari ayat yang dibaca, sehingga tepat dalam membaca bagian panjang pendeknya, waqaf beserta ibtida’nya.
  • Punya kesehatan jasmani serta rohani yang baik.
  • Mampu mengamalkan akhlaqul Qur’an.
  • Punya ketahanan nafas yang sangat baik.
Gimana nih kalian udah punya ciri-ciri seorang Qari belom? Kalo masih belum terus belajar yaa sampai kalian bisa karena ngga ada ruginya loh justru bermanfaat. Sekian dulu yaa semoga informasi yang dibagikan menjadi berkah untuk kita semua, Aamiin. Wassalamualaikum.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar