Ad Code

Apa Sih Investasi Jangka Pendek Itu?

investasi jangka pendek - blogbangbot


Investasi jangka pendek adalah berinvestasi ke dalam berbagai aset dalam waktu singkat untuk menghasilkan keuntungan cepat. Klasifikasi ini mencakup setiap instrumen investasi yang akan jatuh tempo dalam satu tahun atau yang diharapkan akan dilikuidasi dalam satu tahun.

Sesuai dengan namanya, "Jangka Pendek" bisa berarti apa saja dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Investor menggunakan aturan umum tiga tahun, dan waktu di bawahnya dianggap sebagai investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek memiliki hasil rendah atau risiko tinggi, tergantung di mana Anda menaruh uang Anda.

Investasi jangka pendek bertujuan untuk untuk melindungi modal sekaligus menghasilkan keuntungan. Untuk bisnis dengan posisi kas yang kuat, menginvestasikan uang dalam investasi jangka pendek cukup menguntungkan. Sebuah bisnis akan mengkategorikan investasi bisnis sebagai jangka pendek jika memenuhi dua persyaratan yakni harus likuid dan harus dijual dalam waktu singkat.


Investasi jangka pendek adalah tentang memanfaatkan uang Anda dalam waktu singkat dengan risiko dan penalti paling sedikit. Investasi jangka pendek dapat diubah menjadi uang tunai atau digulirkan menjadi investasi jangka pendek atau jangka panjang lainnya.

Tips Investasi Jangka Pendek:

Tentukan Tingkat Risiko Anda

Dengan periode waktu yang begitu singkat, ada baiknya Anda mengurangi tingkat risiko dalam rencana investasi atau portofolio. Siklus bisnis atau pasar umumnya berlangsung lebih dari tiga tahun, jadi biasanya tidak ada cukup waktu untuk pulih dari kerugian yang mungkin terjadi jika memilih aset berisiko lebih tinggi seperti ekuitas.

Pertimbangkan Instrumen Jangka Pendek

Uang tunai adalah aset yang diinginkan untuk mengelola risiko dan likuiditas yang sesuai untuk jangka waktu pendek. Dalam dunia pendapatan tetap, sekuritas yang jatuh tempo kurang dari tiga tahun, seperti dana obligasi jangka pendek, dapat menjadi pertimbangan yang baik.


Sinkronkan Waktu Sasaran dengan Aset Anda

Jika jangka waktu spesifik Anda diketahui (misalnya, tiga bulan, 12 bulan atau tiga tahun), berinvestasilah pada produk yang umumnya sesuai dengan jadwal investasi Anda. Contohnya, jika Anda menabung untuk uang muka rumah yang jatuh tempo dalam enam bulan, cari produk seperti obligasi pemerintah jangka pendek atau obligasi utang perusahaan berperingkat AAA.

Jika Anda memiliki uang muka untuk barang yang dibeli jatuh tempo dalam enam bulan, dengan sisa harga pembelian dibayarkan dalam 12 bulan, maka cari produk dengan jangka waktu yang bervariasi dari enam hingga 12 bulan, seperti sertifikat deposito berjenjang.

Dengan pengetahuan yang tepat dan analisis pasar yang tepat, investasi jangka pendek memiliki banyak keuntungan. Investasi jangka pendek memberi Anda kebebasan untuk memanfaatkan situasi pasar saat ini dan kemudian menginvestasikan jumlah yang sama pada opsi lain yang lebih baik.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar