Bukan Review dan Cerita

Kamis, 19 Desember 2019

Blokir STNK Sekarang Bisa Online, Buruan Coba Deh

Bukannya sombong nih, tapi bulan Desember kemarin gue baru aja meminang kendaraan roda dua baru. Tapi, ada pengorbanan yang harus gue lakuin, ngejual motor lama gue. Ngomongin jual motor nih, ada prosedur yang emang harus dilakukan sama si penjual motor. Blokir STNK. Artinya, ngehapus data kendaraan tersebut supaya ngga kena pajak progresif. 

Zaman sekarang udah semakin maju, jadi hampir semuanya serba online. Salah satunya ya blokir STNK bisa dilakuin dengan cara online. Gue sih ngga tau ya yang udah nerapin sistem ini provinsi mana aja. Berhubung gue tinggal di Jakarta, jadi manfaatin layanan dari BPRD DKI Jakarta. 
blokir stnk online bprd jakarta
carsome.id

Oh iya blokir STNK online syaratnya itu: 

1. KTP penjual motor 

2. KTP pembeli motor 

3. Kartu Keluarga 

4. Surat Pernyataan Jual Beli Motor 

5. Meterai 

Nah, untuk poin yang nomor 4 itu, bisa lo dapetin di halaman BPRD DKI Jakarta setelah login. Kesemua syarat tersebut harus discan ya. Yaiya dong harus discan, kan ini lewat online. Harus scan asli bukan yang fotokopian. 

Caranya gampang dan simpel banget. Pertama. daftar dulu tuh dengan ngeinput KTP DKI. Langsung setelah nomor KTP itu lo input, nama lo bakalan langsung muncul. Terus ngelanjutin daftar aja ngisi data-data yang diperluin. Terus bisa langsung login aja deh. 
cara blokir stnk online
gilangnews.com

Kedua, bisa langsung login aja dah kalo akun lo udah jadi. Pilih bagian PKB yang ada gambar motornya tuh. Nanti bakalan ada data-data motor dan kendaraan yang lagi dipunyain. Habis itu pilih layanan jual kendaraan. Isi data dan upload persyaratan yang udah disiapin. 

Setelah semua proses selesai tinggal nunggu aja tuh proses blokirnya. Biasanya sih untuk ngedapetin status bahwa kendaraan yang lo jual itu udah bener-bener diblokir , butuh waktu lebih kurang 7 hari kerja. Sabar ya. 


Kenapa sih lo harus ngelakuin blokir STNK? Jawabannya hanya satu, supaya ngga kena pajak progresif. Pajak progresif itu sendiri pajak yang dikenain ke pemilik kendaraan kalau punya lebih dari 1 motor atau 1 mobil. Kalau lo cuma punya 1 motor dan 1 mobil, ngga bakalan kena pajak progresif. 
inibaru.id

Lumayan kerasa lho kalau motor atau mobil lo kena pajak progresif tuh. MIsal, lo beli motor baru tapi motor lo yang lama belum diblokir atau dijual nih, nah pajak di motor yang kedua ini bakalan lebih mahal dari pajak umumnya motor sejenis gitu. Anggaplah, misal nih pajak motor Beat itu 200ribu, terus kena pajak progresif jadi 280ribu. Selisih 80ribu. Nah, 80ribunya itulah yang dinamain pajak progresif. 

Buat lo yang ngga ada waktu ke Samsat buat ngelakuin blokir STNK, mending coba layanan dari BPRD DKI Jakarta buat blokir STNK online. Ada pertanyaan? Bisa layangkan lewat komentar ya, kalau misalnya bisa gue jawab ya gue jawab. 

Nah, itu tadi artikel singkat tentang blokir STNK online yang bisa gue bagi. Semoga bermanfaat.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Tulisan Terbaru

Blokir STNK Sekarang Bisa Online, Buruan Coba Deh

Bukannya sombong nih, tapi bulan Desember kemarin gue baru aja meminang kendaraan roda dua baru. Tapi, ada pengorbanan yang harus gue lakui...

Follow by Email

Paling Tren