Ad Code

Review Oli Curah Pertamina Fastron Gold, Kalau Takut Jangan Dicoba

Gue kali ini mau nulis postingan tentang dunia otomotif dan agak sedikit menyesatkan. Kalau ujung-ujungnya nanti lo mencoba setelah membaca review oli curah Pertamina Fastron Gold, bukan tanggungjawab gue ya. Ini gue cuma ngeshare apa yang udah gue rasain selama 1 tahun ke belakang. 

Jadi begini guys, kalau lo punya motor atau mobil gitu pasti ada ritual rutin ganti oli kan ya? Nah sama, gue juga rutin ngelakuin hal itu terlebih buat mobil. Setahun bisa 2x ganti oli. Berhubung oli yang dibutuhkan mobil lebih banyak, otomatis pengeluaran biaya untuk ganti oli pasti lebih besar juga dong dibanding motor? 
oli curah pertamina fastron gold
sumber foto: indoride.com

Pertama-tama gue mau langsung komparasi harga dulu deh. Oli resmi yang dijual di bengkel gitu harganya bisa di atas Rp100.000 

Gue sebut merk aja kali ya. Mobil gue Xenia 2019, kalau beli oli di bengkel resmi harganya sekitarRp120.000, butuh 4 botol buat sekali ganti oli, jadi kali 4 ya, kurang lebih Rp480.000. Hitungannya kalau sama beli filter oli Rp500.000-an deh. 

Oke, kita kunci di harga Rp500.000, setahun bisa 2x ganti oli. Berarti harus nyiapin dana 1 JUTA buat perolian ini. 

Jegeeerr......setahun ngeluarin 1 JUTA buat oli ini? Mending duitnya dialokasiin buat beli popok anak kalo gue mah. 

Gue cari-cari infolah harga oli yang menurut gue terjangkau. Cring.... 

Ketemulah distributor oli Fastron gold curah Pertamina. Langganan gue ada di Autostore Narogong, Bekasi. Kalau di Jakarta ada di Antasari Express Jaya Motor. Berhubung, gue udah tersesat dengan oli curah buat motor gue, jadi mobil ini gue sesatin juga. Pakailah oli Fastron Gold dari Pertamina ini. 

Buat teman-teman yang belom tau apa itu oli curah, gue jelasin dulu. Sama kayak minyak goreng curah guys. Kalau minyak goreng kemasan gitu yang isinya ada 1 liter atau 2 liter kan pake tempat gitu ya. Nah, curah ini kita yang bawa tempat sendiri. Bisa jerigen atau plastik. Kenapa? Karena oli ini diambilnya dari drum-drum besar gitu. 


Oke balik lagi ke soal komparasi harga. Nah, harga oli Fastron Gold ini, sekitar Rp70.000 per 1 liternya. Kalau buat mobil tinggal kalikan 4 aja, jadinya Rp280.000 

Hitungannya buat 1 tahun ngeluarin dana perolian ini berarti Rp560.000, plus filter oli deh biar adil, genapin 600 RIBU. 

Selisih Rp400.000 dalam setahun. Lumayan kan? Ah palingan nanti ada komen nongol gini, “Awas, mesin rusak bro. Oli curah banyak yang palsu” 

Untungnya, di dua distributor oli Fastron Gold tadi, itu asli dari Pertaminanya. Emang dia supplier gitu kok. Dan buktinya gue udah ngejalanin di mobil gue selama 1 tahun. Orang bengkel resminya aja heran, “Tiap servis, kenapa ngga ganti oli pak” 

Pernah gue tulis kok tentang oli Pertamina yang dianaktirikan gitu di blog ini juga.

Terus poin berikutnya nih, selain harga, kualitas oli curah ini juga sama kok sama oli botolan gitu. Jadi, Pertamina Fastron Gold kan ada yang botolan juga, harganya sekitar Rp140.000, pokoknya bedanya tuh hampir 50% dari harga oli curahnya. Kualitas tetap sama kok. 

Cuma saran gue sih, pas lo mau beli oli curah gitu, bawa jerigen atau plastik sekalian. Kalau gue sih jerigen. Terus simpan olinya baik-baik di ruangan sejuk. Terhindar dari matahari langsung. Takutnya nanti kalau kelamaan kena sinar matahari plus di ruangan yang pengap atau panas, kualitasnya jadi menurun. 

So, itu aja tulisan gue tentang review oli curah Pertamina Fastron Gold. Kali aja ada yang mau coba, tapi ingat, kalo ketagihan jangan kejar-kejar gue ya. 

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar