Berapa Biaya Pernikahan yang Ideal? Ini Biaya Pernikahan Gue, Jangan Ditiru!

Juli 11, 2018
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
 
Sehat bro? Sehat sis? Udah agak lama nih jarak postingan ini dengan postingan sebelumnya. Gapapa kan ya? Oh iya masih berkutat dengan hal-hal yang berbau ibadah (baca: pernikahan) nih, gue mau berbagi pengalaman gue tentang biaya pernikahan yang ideal buat temen-temen semua. Rasanya seneng sekaligus tertekan. Ngeliat respon di medsos ternyata antusias juga dengan tulisan ala-ala gue yang sebenernya gue sendiri sih ngerasa nggak ada manfaatnya buat dibaca. Tapi, pembaca berkata lain yaudah gue lanjut dah seri tulisannya.

Oke, di tulisan ini gue bakal ngebahas tentang biaya nikah yang gue dan istri gue keluarin. Sebelum terlampau jauh ekspektasi lo, gue bakal beri batasan dulu nih. Kenapa? Gue nggak mau waktu lo terbuang percuma ngebaca tulisan gue sampai habis dan tau-taunya lo nggak dapat manfaat. Sedih dong pastinya? Apalagi gue…
biaya pernikahan yang ideal
sumber: ktawa.com
Begini ya guys, gue waktu itu sepakat dengan istri tidak melaksanakan pernikahan di gedung. Kenapa? Alasannya ya karena mau menghemat aja. Gue sih maunya di rumah aja, tapi syukurannya diadain 2 kali. Pertama, pas habis akad, nama bekennya resepsi, dan kedua itu ngunduh mantu. Biasanya yang ngunduh mantu itu dilakuin sama orang Jawa sih. Yups, resepsi di tempat istri gue, dan ngunduh mantunya di rumah orang tua gue.

“Berarti lebih mahal dong Ted?”

Justru pertanyaan itu yang bakal gue jawab di tulisan kali ini. So, buat teman-teman yang mau menikah, khususnya yang mau ngadain syukuran sederhana tapi sah, bisa lanjut baca. Buat teman-teman yang mau nikah di gedung juga boleh kok.

“Berapa budgetnya Ted? Buruan!”

Sabar ya. Ini artikelnya aja prosesnya lama gue buat jadi ada beberapa hal yang harus gue pertimbangkan. Di artikel bakal gue tulis budget yang gue keluarin bareng orangtua, plus budget istri gue bareng mertua gue. Nah, ini baru gue beri batasan ya, jadi budget yang gue tulis di sini dari mulai akad nikah sampai ngunduh mantu ya (nggak termasuk  biaya lamaran).


Udah ya openingnya. Masuk ke isinya nih. Pasti lo sering bilang gini deh, entah berdebat atau diskusi sama orangtua, “Aku maunya yang sederhana aja, yang penting sah.” Kalimat seperti itu sih udah pasti sering keluar atau sering terlintas di pikiran lo kan? Nah, gue dulu juga gitu. Tapi, yah namanya orangtua pasti nggak mau sesederhana itu kan? So, akhirnya ya tetep aja menurut gue, syukuran pernikahan gue kemaren termasuk cukup sih meski nggak di gedung. Kalo di gedung kan dibatesin waktu. Kalo di rumah kan bebas. Bisa ngobrol sama temen-temen lebih lama. Ngopi bareng bisa, ngeteh bareng bisa, sampe kayang bareng kalo lo mau juga bisa.

biaya pernikahan yang ideal
gudangpelajaran.com
 Ada poin penting nih terkait biaya pernikahan yang ideal. Buat para cowok harus pintar berdiskusi dengan orangtua cewek, terus ceweknya juga bantuin ngomong ke orangtuanya kalo emang bener mau nikah sama cowok pilihannya itu. Jangan malah nyudutin dan nyusahin si cowok.

Buat para cowok, ini biaya yang gue tulis di sini bukan angka yang pasti ya. Gue kasih rentang minimal dan maksimal kemampuan gue pada waktu itu (baca:2017). Dulu sih gue ngomong sama istri gue gini, “Gue Cuma punya duit sekian. Kalo emang mau ayo kita lanjut”. Alhamdulillah mau tuh istri gue. Dateng ke orangtua istri gue, juga bilang gitu, “Pak, Bu, untuk resepsi di rumah, aku nggak bisa bantu banyak karena bantu ibu bapak juga buat ngunduh mantu di Halim”. Hasilnya? Ya hasilnya gue Alhamdulillah sah secara agama dan Negara tuh pernikahan gue.

biaya pernikahan yang ideal
tafsirq.com

Ini gue gabung ya pengeluaran untuk bantu acara di tempat istri gue dan acara ngunduh mantu di rumah ibu gue. Lo catet juga nih, angka yang bakal gue tulis ini antara lupa lupa inget. Tapi yang jelas sih ini budget minimal yang harus lo siapin sih.

Budget Cowok (termasuk Ngunduh Mantu)

a. Uang yang diberikan ke pihak perempuan ? Rp 10 juta (Ini bisa dikondisikan dengan pihak orang tua perempuan ya).
b. Mahar + seserahan pas dibawa ke acara akad ? 20 juta (Mas kawin dan barang-barang aca ucu yang biasanya dibawa sama pengantin cowok deh)
c. Baju seragam panitia ? Rp 1 juta (Gue lupa berapa banyak panitia buat Ngunduh Mantu)
d. Hiburan campursari dangdut ? Rp 1.5 juta (Dikasih murah karena yang punya itu anggota arisan yang diikutin bokap nyokap gue, aslinya mah nggak segitu)
e. Tenda, gubuk-gubukan, kursi, panggung dangdut ? Rp 6 juta (Ini yang punya tetangga deket rumah, dikasih diskonan lebih dari setengah harga)
f. Makanan, enggak catering, ini masak dengan bantuan tetangga ? Rp 20 juta (Kalau nggak salah untuk 700 porsi)
g. Es puter, siomay, sate, bakso, buah, snack ? Rp 5 juta (Ini pesen sama abang-abang langganan)
h. Dokumentasi ? Rp 500 ribu (Ini cuma foto doang, gue nggak mau pake video. Tukang fotonya temen kantor gue yang lama)
i. Rias pengantin ? Rp 1 juta (Cuma pengantin cewek doang yang bener-bener “DIRIAS”, gue dan orang tua dandan aca ucu sendiri)
j. Kursi pengantin ? Gratis (Nggak pake pelaminan, kursi biasa aja yang penting bisa duduk)
k. Baju pengantin + orang tua ? Rp 1.5 juta (Murah kok, kebaya sama jas doang kan. Ngapain mahal-mahal orang cuma sehari ini)
l. Upah masak ? Rp 4 juta (yang masak tetangga, gue sama ortu tetep mau kasih soalnya ngga enak udah pake tenaga mereka)
m. Undangan ? Rp 300 ribu (Gue cuma ngundang 300 undangan. Bikin undangan yang murah aja, toh juga dibuang kan habis itu?)
n. Souvenir ? Sumbangan dari beberapa saudara.


Sip. Segitu deh. Minimal, lo siapin Rp 100 juta deh biar aman kalo nikah tahun itu sih (2017). Gue sih merasa bersyukur banget punya banyak kenalan dan temen yang bisa ngebantuin gue. Lo kalau mau hemat ya begitu caranya. Sekarang masuk ke anggaran perempuan ya. Ini yang ngelist istri gue sih. Gue Cuma nulis aja dah pokoknya. Sama kayak gue, ini bukan angka pasti ya. Lupa-lupa ingat. 

biaya pernikahan yang ideal
tafsirq.com


Budget Cewek (akad + resepsi)

a. Tenda, prasmanan, gubuk ? Rp 35 juta
b. Rias pengantin 3x ganti + 1 akad ? Rp 20 juta
c. Catering 1000 undangan ? Rp 40 juta
d. Bakso, es, pudding, buah, snack ? Rp 10 juta
e. Dokumentasi, foto + video ? Rp 1.5 juta
f. Panggung dangdut + band + penyanyi ? Rp 5 juta
g. Janur 3 buah ? Rp 1 juta
h. Souvenir ? Rp 2,5 juta
i. Undangan ? Rp 2.3 juta
j. Seragam panitia ? Rp 1 juta


Nah loh….gimana banyak kan? Lebih banyak dibanding gue. Itu belum printilan kayak buku tamu, pulpen, dan lain-lain. Ngeliat biaya pernikahan kayak gitu lo masih mau tetep nikah nggak? Apa malah gajadi? Mundur? Ah cemen lo, letoy banget kayak kanebo lepek.
 
biaya pernikahan yang ideal
blogspot.com
Jangan nyerah guys, lo harus nabung, jangan foya-foya mulu. Jangan nonton mulu, makan di luar mulu. Nikah kan ibadah, ibadah itu butuh perjuangan dan kesabaran. Ye gak? Paling penting yakinin diri lo dan calon lo buat nikah, bilang sama Allah gini nih pas habis sholat, “Ya Allah, hamba ingin menikah. Hamba ingin menyempurnakan setengah agama hamba, mudahkan hamba dan calon hamba untuk mendapat rahmat-Mu”


Udah dulu ah, ini udah ada 1000 kata lebih kayaknya. Bacanya jadi mumet dan bosen lagi ntarnya. Kira-kira kalo ditotal sih bakal habis Rp 300 jutaan. Oh iya inget, ini 2x acara nggak ada yang di gedung ya. Gue doain semoga teman-teman yang tahun ini, tahun depan, atau beberapa tahun lagi mantap untuk menikah, semoga dilancarkan. Eh iya, tulisan ini jangan cuma dibaca sama lo doang dong! Share ke pasangan lo juga, kali aja doi bisa tersadarkan wehehehe…

Jazakumullah khairan katsir

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.