Wahai Cowok Perkasa!! Ada 5 Tips Mengatasi Gugup Saat Bertemu Calon Mertua Pertama Kalinya

Juni 20, 2018
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Mumpung masih dalam nuansa Idulfitri 1439H gue mau mengucapkan Selamat Idulfitri Mohon Maaf Lahir Batin. Jika ada, pasti ada sih, kata-kata yang menyinggung dalam blog ini. Nah, melanjutkan postingan gue sebelumnya, dulu pernah ngebahas tentang Tabungan Persiapan Pernikahan. Ada masukan dari beberapa orang yang pengen tahu tuh persiapan lamaran gimana, persiapan akad nikah gimana, sampai pengalaman saat bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya gimana. 

Ketiga permasalahan tersebut alhamdulillah udah gue rasain. Sekarang, mungkin bisa gue bagi buat lo yang mau menikah di momen habis lebaran ini atau kapan pun itu (pokoknya bagi lo yang mau nikah deh). Seperti biasa, dalam setiap postingan, gue bakal minta maaf terlebih dahulu. Takutnya, dari sekian pembaca ada satu atau dua pembaca yang nggak berkenan, sakit hati,  atau benci, gue minta maaf. Nggak ada maksud menyinggung hati kalian. Ini cuma sekadar sharing dari pengalaman yang gue alamin doang kok. Janji ya jangan baper. Please, open your heart and your mind.



Rasa gugup pasti dialamin semua cowok yang bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya. Maka dari itu,  jangan heran kalau banyak cowok, diajak ketemu bokap si cewek, pasti bilangnya...

"Nanti"

"Ntar aja"

"Besok deh"

"Minggu depan ya"

Hayooo alasan apa lagi? Kenapa gue hafal? Ya dulu merasakan soalnya.

Pas dulu gue dateng ke rumah calon mertua buat pertama kali aja nyasar kok. Beneran. Rumah calon mertua gue itu kan di Tangerang, daerah Jatiuwung gitu deh. Nah ini, kebablasan sampai daerah mana gitu. Saking paniknya itu. Di motor udah keringet dingin aja nggak karuan.


"Terus sampai rumah camer lu gimana Ted?"

Alhamdulillah makin parah nervous-nya. Gue ditanya-tanya sama bokapnya istri gue. Berikut beberapa list pertanyaan yang mungkin muncul dari bokap cewek lo.

1. "Macet nggak tadi di jalan?"

2. "Berapa jam tadi di jalan?"

3. "Rumahnya di mana?"

4. "Berapa bersaudara?"

5. "Kenal sama anak saya di mana? Udah lama?" 


6. "Asli mana Mas?"

7. "Sekarang kerja di mana?"

Nahloh, gugup-gugup nggak tuh? 7 pertanyaan itu biasanya terlontar gitu aja sih.

"Gue harus jawab nggak Ted?"

Coba aja lo nggak jawab, lo bakal diusir dan nggak boleh deket lagi sama anaknya. Untungnya, gue sama bokapnya istri gue itu memiliki satu kesamaan yang akhirnya bisa membuat suasana cair. Apa itu? Bokapnya istri gue itu asalnya dari Mojokerto, nah keluarga gue aslinya dari Lumajang, sip sama-sama Jawa Timur. Akhirnya apa? Yaudah pembicaraan ngalir begitu aja. 

"Terus sama Ibunya gimana?"

Ya nggak gimana-gimana, berhubung istri gue kedua orangtuanya dari Jawa, dan gue tiap hari di rumah pakai bahasa Jawa, jadi ya anggap aja ngobrol sama orangtua sendiri. Ini guys yang akhirnya memecahkan pertanyaan atas mitos klasik. Kenapa sih orangtua itu pengen dapat dari yang sukunya sama? Misal, Jawa dengan Jawa, Betawi dengan Betawi. Ternyata ini toh. Ya supaya biar bisa langsung akrab.

Padahal, yang bisa ngebuat akrab itu nggak cuma kesamaan suku. Misal, kesamaan makanan favorit, klub sepakbola favorit, atau kesamaan kendaraan favorit. Cari yang ada kesamaan dalam diri lo atau cowok lo deh.

Kalau gue rangkum sih, ada beberapa tips buat lo untuk mengatasi rasa gugup saat bertemu calon mertua. Apa aja?

1. Berdoa dari Rumah
Ini kan hal baik tuh bertemu dengan calon mertua, jadi awali dengan hal yang baik pula. Berdoa. Semoga dilancarkan saat bertemu calon mertua. Pokoknya, kalo pandangan pertama lo itu baik di mata calon mertua, InsyaAllah lancar pula nanti-nantinya.



2. Fokus di Jalan
Lo kalo bawa kendaraan entah mobil atau motor, pas dari rumah mau ke rumah camer, lo harus fokus. Jangan sampai saking nervous-nya lo, sampai-sampai nggak fokus di jalan. Amit-amit kalo lo sampai kejadian hal-hal yang nggak diinginkan.

3. Pakai Pakaian yang Sopan
Orangtua dari cewek lo pasti bakal ngeliat penampilan saat awal berjumpa...ciyeeee....
Eh beneran loh ini. Lo boleh nih tiap hari pakai kaos compang camping, tapi jangan choba-choba lo pakai pakaian itu pas bertamu ke rumah calon mertua lo. Kenapa? Ya gue sih nggak tau apa akibatnya. Gue sih pas waktu itu pakai pakaian yang sopan aja. Menutup aurat, bersih, dan enak dilihat.

4. Jangan Nampakin Kalo Lo Gugup
Simpelnya, lo harus pintar atur nafas. Tariiiiikkkk....buaaaaaangggg......



Itu paling mudah. Nah, pas udah ditanya sama bokap nyokapnya baru deh. Siap-siap dah lo. Eitsss ada tips ala-ala nih dari gue. Kalo misalnya lo udah ngenalin diri lo nih terus ditanya balik, 

"Oh jadi ini temennya ********* yang lagi deket ya? (baca: nama cewek lo)?"

Lo jangan jawab, "Iya om" Habis itu hahahehe nggak jelas. Jawabnya agak panjang, dan lo berinisiatif memberi pertanyaan balik, misal jawabnya gini

"Iya Om. Saya temennya ******** yang lagi deket. Nggak papa kan om saya deket sama **********?"

Nah, itu bisa menjadi awal pembicaraan yang baik. Intinya, jangan sampai pertanyaan pertama dari bokapnya cewek lo kelar, dan lo jawab seperlunya. Kalo bisa hindari itu, dan usahakan lo memberi pertanyaan balik. Minimal, ada jawaban yang jangan terlalu singkat, kayak "Iya Om" atau "Iya".



5. Cari Kesamaan yang Lo dan Camer Lo Suka
Lagi musim piala dunia nih contohnya. Coba lo cari tahu bokap atau nyokap cewek lo ngejagoin negara mana buat jadi juara piala dunia? Dari situ coba mulai deh ilangin ketegangan lo. Nggak harus olaharaga oh ya. Bisa cari tahu kesukaan makanan, atau hal yang lain. Intinya, cari yang sama-sama lo suka. Nggak mungkin nggak ada yang nggak sama. Apalagi lo cowok, terus bokap cewek lo cowok juga kan?

Udah cukup kali ya ada 5 tips mengatasi rasa gugup bertemu dengan calon mertua buat pertama kalinya. Kalau pertemuan pertama membawa kesan positif, yakin deh, pasti orangtua cewek lo bakal nanyain gini ke cewek lo, "Kok ******* (baca: nama lo sendiri) nggak main kesini lagi? Bapak pengen ngobrol nih"

Terus terlintas deh dalam pikiran lo begini .....

"Ah lo kebanyakan ngibul Ted!"

Yaudah kalo nggak percaya nggak apa-apa, yang penting gue udah nge-share pengalaman. Pastinya masih banyak tips-tips lain di blog-blog lain juga. Itung-itung ini bisa jadi tambahan modal lah buat bertemu dengan calon mertua. 

"Tapi Ted, ini fokusnya ke bapaknya si cewek ya? Ibunya gimana?"

Sebenernya nggak banyak perbedaan sih. Tips-tips tadi itu berlaku buat nyokap dan bokap dari cewek lo. Gue cuma mau pesen doang nih, tips-tips tadi bakal berhasil kalo emang niat lo udah lurus dan serius sama cewek lo buat ke jenjang yang lebih lanjut, pasti bakal dimudahkan kok. Lo kan sebagai cowok itu kepala rumah tangga nantinya. Masa kepala rumah tangga mlehoy alias takut sama calon mertua?



Gue masih ada beberapa tagihan nih yang harus gue bayar. Tagihan berbagi pengalaman khususnya pranikah. Kalau untuk pascanikah jangan dulu deh ya. Soalnya baru jadi penganten kemaren sore, masih seumur jagung dan nggak pantas buat kasih tips aca acu macem ginian. So, jazakumullah khairan katsir.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.