Ad Code

Apakah yang Dimaksud dengan Algoritma? Begini Penjelasannya

algoritma jadi salah satu cabang ilmu di matematika

Apakah yang dimaksud dengan algoritma? Tentu, sebagian besar orang sudah sangat familiar mendengar istilah algoritma. Namun, belum tentu semua orang memahami apa sebenarnya pengertian dari algoritma. 

Agaknya, hanya para praktisi komputer, matematika dan IT yang dapat memaami secara utuh mengenai konsep dari algoritma. Sebab, algoritma sangat identik dengan bidang komputasi dengan segala perkembanannya dalam hal teknologi dan informasi.

Lalu pertanyaan berikutnya, apakah hanya orang-orang yang berkecimpung di bidang komputer, IT dan Matematika saja yang wajib memahami algoritma? Tentu saja tidak. Sebab, kalangan umum diluar ketiga profesi bidang tersebut juga perlu memahami fungsi algoritma. 

Pengertian Algoritma

Agar anda bisa memahami konsep algoritma dengan lebih mudah, anda perlu memahami pengertiannya. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari algoritma menurut beberapa pakar dan juga ahli. 

Jando & Nani

Apakah yang dimaksud dengan algoritma? Pada dasarnya, algoritma berasal dari ‘algoris’ dan ‘ritmis’ rancangan Abu Ja’far Al Khwarizmi. Merupakan suatu metode yang tersusun atas serangkaian langkah yang terstruktur dan sistematis dengan bantuan komputer. 

Kani

Kani berpendapat bahwa algoritma merupakan suatu upaya bersifat operasional dan tersusun secara sistematis. Tujuannya yakni untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan bukti pencapaian atauput output tertentu. 

Sismoro

Sismoro berpendapat bahwa algoritma merupakan serangkaian petunjuk yang bersifat instruktif dan tersusun secara sistematis. Pembuatan algoritma bertujuan untuk memecahkan persoalan matematika yang logis dengan bantuan komputer. 

Fungsi Algoritma

Selain mempelajari apa yang dimaksud dengan algoritma, anda juga perlu untuk mengetahui apa saja manfaat algoritma dalam bidang komputasi. Berikut ini adalah berbagai fungsi algoritma yang wajib and ketahui dan pahami ; 

1. Memecahkan suatu persoalan secara sistematis dengan menggunakan logika.

2. Merancang suatu program agar bisa memecahkan suatu permasalahan tertentu secara spesifik.

3. Memacahkan setiap permasalahan secara terstruktur.

4. Memodifikasi suatu program tanpa perlu merubah atau menggangu modulasi lainnya.

5. Menyusun suatu program secara terstrktur agar lebih mudah dalam tahap pengembangannya.

6. Menyederhanakan suatu program yang rumit dan kompleks menjadi lebih ringkas.

7. Mempemudah proses pemeriksaan kesalahan karena alur kerjanya yang sistematis.

Ciri Algoritma

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan algoritma, anda akan lebih mudah untuk mengenali ciri-cirinya. Berikut ini adalah beberapa ciri algoritma yang bisa anda kenali dan pelajari. 

1. Keterbatasan

Algoritma memiliki ciri keterbatasan, yakni saat tujuan algoritma telah tercapai maka program yang dirancang akan berhenti beroperasional. 

2. Ketepatan

Ciri berikutnya dari algoritnya yakni ketepatan dalam setiap langkah-langkah yang masuk dalam rancangan program. Artinya, setiap perintah yang dijalankan akan mengarah pada satu instruksi yang jelas dan tidak akan mengalami kegagalan dalam menjalankan instruksi. 

3. Masukan

Algoritma memilik ciri khusus lainnya yakni berupa input atau masukan yang berupa persoalan dan wajib untuk dipecahkan. 

4. Keluaran

Ciri output dalam algoritma ini merupakan solusi dari permasalahan yang ada, bentuknya bisa berupa besaran yang berkaitan dengan input atau masukan.

5. Efektiv  

Susunan langkah dan perintah dalam algoritma yakni bersifat sederhana dan efisien sebagai ciri lainnya. 

Contoh Algoritma

1. Algoritma Narasi

Algoritma yang susunan perintahnya berupa urian-uraian kalimat.

2. Algoritma Pseudo Code

Algoritma yang susunan perintahnya berwujud kode semu. 

3. Algoritma Flowchart

Algoritma yang bentuk susunan perintahnya berupa notasi grafis. 

Berdasarkan pemaparan tersebut, anda sekarang memahami apa yang dimaksud dengan algoritma. Termasuk pengertian algoritma, apa saja fungsi-fungisnya hingga ciri dan juga contoh algoritma.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar