Ad Code

Apa yang Dimaksud dengan Kata Kunci?

mencari kata kunci atau keywords di google

Apa yang dimaksud dengan kata kunci? Seringkali, kita mendengar istilah ‘kata kunci’ namun belum tentu memahami maksudnya. Istilah ‘kata kunci’ lumrah menjadi pembahasan dalam dunia internet, khususnya saat sedang browsing. 

Kata kunci memiliki peranan yang sangat penting dalam menelusuri suatu informasi yang hendak kita cari. Sebab, kata kunci merupakan rumusan dasar yang bisa membawa kita untuk menelusuri suatu informasis secara lebih mendalam. 

Bahkan, dalam penulisan suatu berita, kata kunci memiliki peranan yang sangat penting dan wajib ada dalam paragraf. Tanpa adanya penggunaan kata kunci yang tepat, suatu berita yang diposting di internet akan sulit untuk terjangkau oleh pembaca. 

Apa itu Kata Kunci?

Kata kunci memiliki pengertian sebagai suatu kata ataupun frasa yang dapat mewakili konsep maupun gagasan suatu penulisan secara menyeluruh. Artinya, dengan memasukkan suatu kata kunci tertentu, kita bisa mendapatkan suatu informasi yang sedang kita butuhkan di internet. 

Sedangkan menurut Reitz pada tahun 2012, kata kunci dapat dipahami sebagai frasa yang menonjol pada judul, tajuk ataupun catatan isi. Kata kunci tersebut dapat menjadi kunci utama sebagai pembuka jalan untuk mengakses suatu informasi. 

Kesimpulannya, kata kunci merupakan bagian terpenting dalam suaru paragraf teks berita yang ada di internet. Sebab, orang-orang akan menggunakan kata kunci tersebut untuk menemukan informasi yang sedang mereka cari. 

Ciri-ciri Kata Kunci

Apa yang dimaksud dengan kata kunci sebenarnya memiliki beberapa ciri yang dapat anda kenali sebagaimana berikut ini ;

1. Terdiri Lebih dari Satu Kata

Umumnya, kata kunci terdiri dari satu hingga dua kata, anda tidak akan menemukan kata kunci yang terdiri dari banyak kata. Sebab, kata kunci memang tidak akan lebih dari satu hingga dua kata, karena memiliki ciri singkat dan jelas. 

2. Bersifat Unik

Berdasarkan ciri pertamanya, kata kunci memang tidak akan pernah melebhi jumlah satu hingga dua kata. Itulah sebabnya, kata kunci memiliki ciri lainnya, yakni bersifat unik karena mengandung pemaknaan kata yang unik. 

3. Bersifat Menyeluruh

Kata kunci tak hanya memiliki ciri yang bersifat unik dan spesifik, namun juga memiliki ciri sifat yang menyeluruh. Itulah sebabnya, sebuah kata kunci yang dimasukkan dalam mesin pencarian dapat menjangkau banyak informasi yang relevan dengan kata kunci.

Cara Mencari Kata Kunci

Memahami apa yang dimaksud dengan kata kunci tidak cukup dengan hanya mengetahui pengertian dan juga ciri-cirinya. Anda juga wajib mengetahui bagaimana cara untuk mencari dan menemukan kata kunci dalam suatu teks bacaan. 

1. Cara pertama, yakni membaca teks secara seksama, perhatikan beberapa kata yang banyak digunakan dalam penulisannya. Jika anda menemukannya, maka besar kemungkinan itulah kata kuncinya. 

2. Cara kedua, yakni dengan mencarinya pada ide pokok ataupun kalimat utama dalam suatu paragraf. Mengapa begitu? Jawabannya jelas, karena kata kunci bertujuan agar pembaca lebih mudah memahami ide pokok suatu teks tulisan. 

3. Cara terakhir yakni dengan mencari sinonim atau persamaan kata dari kata kunci yang sedang anda cari. Kata kunci dalam suatu paragraf banyak muncul dengan sinonim katanya agar pembaca memahami tujuan dari kata kunci yang dimaksud. 

Sekarang, anda sudah memaham apa yang dimaksud dengan kata kunci, namun, dapatkah anda menyebutkan contoh kata kunci? Adapun beberapa contoh kata kunci yakni seperti ‘Kuliner Jakarta’, Wisata Medan’ ataupun ‘Burung Termahal’.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar