Jangan Buru-buru Daftar, Ini Beberapa Alasan Lo Bisa Ditolak Google Adsense Nantinya

Agustus 26, 2018
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Gue mau ngelanjutin nih postingan artikel belajar Google Adsense yang udah sekitar 2 minggu lalu gue tulis. Kali ini gue bakal ngasih tau ke lo tentang beberapa alasan website atau blog lo itu ditolak sama Google Adsense. Jangan lo pikir gue nggak pernah ditolak sama Google Adsense loh ya. Pernah kok. 

Google Adsense doang yang pernah nolak gue. Lebih jahat dibanding cewek loh. Yaaaa gimana yaa, gue selama ini nembak cewek nggak pernah ditolak sih.

Jangan salah paham, gambar hanya pemanis saja

Terlepas dari benar atau nggaknya pernyataan gue terkait nggak pernah ditolak sama cewek, mending kita langsung ke pokok artikel kali ini ya. Jadi begini masbro dan mbaksis. Gue boleh cerita dulu nggak nih? 

Janji nggak panjang-panjang. Paling cerita gue sekitar 12 paragraf setelah ini lah.....

Oke. Langsung gue kasih bukti aja deh ya kalau gue itu pernah ditolak sama Google Adsense. Lo jangan mikir kalau gue udah jago banget terus muncul pikiran liar kayak gini..

“Gila...si Tedy jago banget Google Adsense”

“Mantap. 2 blog langsung diapprove. Pasti Google-nya disogok nih”

Mending lo buang tuh pemikiran kayak gitu deh. Gue bukan guru atau master ini itu lah. Inget masbro dan mbaksis, gue cuma berbagi pengalaman aja ya. Begini. gue daftar Google Adsense itu pakai 3 akun blog sebenarnya. 2 diterima dan 1 lagi ditolak. 2 blog yang diterima itu terbagi lagi nih. 

Kalau lo masih inget postingan gue yang kemaren tuh, sempet ngebahas tentang Hosted Account sama Non-Hosted Account. Nah dari 2 akun blog gue itu akun yang pertama itu daftar langsung pakai Hosted Account dan yang kedua itu UPGRADE dari Hosted Account ke Non-Hosted Account. InsyaAllah ada artikel sendiri yang ngejelasin perbedaan Hosted Account dengan Non-Hosted Account. 

Kita belum akan bahas tentang hosted and non-hosted account tadi ya. Gue cuma mau kasih tau aja nih, setelah lo nyiapin semua persyaratan daftar Google Adsense, lo harus perhatikan beberapa poin berikut supaya pas langsung daftar Google Adsense itu langsung diterima. 

1. Konten Belum Memadai
“Berapa sih artikel yang harus udah ada di blog buat bisa diterima Google Adsense?”

Kalau ada pertanyaan begitu ditujukan ke gue, gue jawabnya bingung nih. Kenapa bingung? Ya karena nggak ada angka pasti buat blog lo itu diterima Google Adsense butuh berapa artikel. Ada loh orang-orang di luar sana, di blognya cuma kurang dari 5 artikel langsung bisa diterima. Ada yang sampe berpuluh-puluh artikel di blog baru bisa diterima artikel.

So, kesimpulannya gimana? 
Nggak ada patokan pasti harus berapa banyak konten yang disiapkan di blog untuk mendaftar Google Adsense. Ingat sekali lagi aja, buat konten yang bermanfaat dan berkualitas aja. Google sudah pintar kok untuk menilai mana artikel yang bermanfaat dan mana artikel yang kurang bermanfaat. 


2. Konten Kebanyakan Gambar
alasan ditolak google adsense

Namanya blog itu yang harus banyak ya tulisannya. Kalau gambar mending lo bikin di Youtube aja habis itu jadi Youtuber deh.

“Eh...tapi nggak juga Ted, travel blogger, atau food blogger gitu malah banyakan fotonya kok bisa ada iklan dari Google Adsense?”

Waduh gue nggak tau tuh gimana tips si travel blogger atau food blogger gitu, yang jelas screenshot di atas tadi itu ngejelasin kalau konten di salah satu blog gue itu kebanyakan gambar. Lalu, gimana nih cari pembagian porsi antara gambar dengan tulisan?

Gue nggak tahu pasti algoritma Google ngebaca artikel di sebuah blog gimana. Gue pernah baca tuh di salah satu blog kalau tulisan dengan 500 kata itu bisa masukin 4 sampai 5 gambar. Kalau kebanyakan gambar, ya itu tadi nanti dikira spam.

3. Navigasi di Blog Sulit
alasan ditolak google adsense


Kelihatannya sepele ini, tapi pengaruhnya gede. Di artikel pertama gue pernah ngejelasin tentang Pages Blog kan tuh. Nah. disinilah letak pentingnya pages blog tersebut. Kalau blog lo nggak ada pages-nya, itu bisa membuat reviewer Google bingung dan blog lo terkesan nggak profesional. Selain itu, pembaca juga bakal bingung ini blog siapa yang punya, kalau mau menghubungi siapa tau ada tawaran kerjasama itu ke mana, dan lain sebagainya. Ujungnya sih kembali lo yang bakal menerima manfaatnya juga sih.

Selain pages, label atau kategori tulisan lo juga perlu ditambahin nih. Misal, tulisan tentang Google Adsense itu gue bikin label sendiri tentang “Belajar Google Adsense” nah pas lo klik label (kategori) tersebut, langsung muncul tuh deretan artikel tentang Google Adsense di blog gue. 

Satu lagi, jangan sampai ada link yang rusak atau salah. Misal, link “Tentang Situs” eh mengarahnya ke artikel A atau link artikel B malah ngarahnya ke sosial media lo gitu. Awas, itu sama aja ngebingungin si Google dan pembaca artikel blog lo.

Itu tadi beberapa alasan lo bisa ditolak Google Adsense. Nah, sekarang bagi lo yang mau daftar Google Adsense nih, mending persiapin dulu blognya dengan ciamik, baik dari segi konten, tampilan, dan printilannya. Sampai jumpa di artikel berikutnya yaaa

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

---------------------------------

Artikel Belajar Google Adsense


Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.