3 Syarat Wajib yang Harus Lo Punya Sebelum Daftar Google Adsense

Agustus 12, 2018
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini BlogBangBot akan berbagi pengalaman tentang syarat wajib yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar Google Adsense. Sudah nggak sabar? Selamat membaca wankawan.

syarat wajib sebelum daftar google adsense
Ada benarnya juga sih jika ada yang bilang..

“Manusia itu serakah!!”

“Manusia itu nggak mau ngalah!!”

“Egonya tinggi banget sih!!”



Ini gue rasain sendiri kalau ternyata ada sifat serakah dalam diri gue. Maaf, gue sudah gagal menjadi contoh yang baik. Pekerjaan tetap? Sudah. Jadi driver online? Sudah. Sampai kegiatan menulis di blog juga diobyekin jadi duit loh. Terlepas dari keserakahan gue, apakah teman-teman ada yang setuju dengan quote di bawah ini?


Apa-apa serba mahal, mau nikah mahal, mau lahiran mahal, mau mati pun harus punya biaya kan? Nah, "keserakahan" manusia itu kiranya bisa diarahkan ke hal yang bermanfaat bukan ke hal yang negatif.

So, sesuai janji gue di akun instagram gue yang bakal menulis tentang Google Adsense, gue bakal mulai sharing ya. InsyaAllah akan gue bagi beberapa tahapan tentang Google Adsense. Postingan pertama ini buat teman-teman yang penasaran tentang apa sih Google Adsense itu.

Google Adsense merupakan salah satu layanan dari Google yang disediakan untuk para pembuat konten online. Bisa seorang blogger atau youtuber. Nah khusus di artikel ini gue bakal ngejelasin dari sisi blogger ya.

Jadi, di Google Adsense itu lo nulis nih sebagai blogger di website/blog yang lo punya. Terus bisa pasang iklan di blog lo. Iklannya itu yang menyediakan si Google-nya langsung. Lo tinggal pasang kode HTML doang dan bakalan langsung muncul tuh iklannya.

“Kalo iklannya muncul terus gue dibayar Ted?”

IYA. Jadi, setiap ada pengunjung yang buka web atau blog lo, lo bakal dibayar sama Google. Baik pengunjungnya cuma numpang lewat alias baca doang, atau nge-klik iklan tersebut. Contoh iklan di blog gue itu kayak gini..

syarat wajib sebelum daftar google adsense

Lo kalo udah punya website atau blog bisa tuh daftar di Google Adsense. EITSSSS!! NGGAK BOLEH ASAL DAFTAR BRO. Ada syarat-syarat tertentu biar blog lo disetujui sama Google Adsense. Kita akan bahas dulu nih syarat wajib yang harus ada sebelum lo daftar Google Adsense.

1. Punya Website/Blog
syarat wajib sebelum daftar google adsense
Namanya juga blogger ya harus punya web/blog lah ya.
“Enakan Blogspot atau Wordpress?”

“Tumblr atau Wattpad bisa nggak?”

Nah, pasti ada tuh pertanyaan yang timbul dalam benak lo. Kalau boleh jujur sih, semua akun gue yang diterima itu pakai platform Blogspot. Kenapa? Ya itu karena Blogspot emang sudah menjadi bagian dari Google. Syaratnya gampang kok, tinggal bikin akun email di GMAIL dan langsung buat deh. Selain dari blogspot bisa kok. Misalnya lo udah beli hosting dan domain sendiri nih misalnya www.belajarbohong.com atau www.belajarbohong.net atau www.belajarbohong.id itu bisa didaftarin ke Google Adsense dan masuknya lewat jalur Non-Hosted. Kalau lewat Blogspot namanya jalur Hosted.

“Waduh apa lagi tuh Ted Hosted dan Non-Hosted?”

Bertahap yaaa...
So, poin pertama yang harus lo punya ialah WEBSITE / BLOG.

2. Konten
syarat wajib sebelum daftar google adsense

Konten ini maksudnya postingan ya. Postingan lo itu harus jelas dan nggak ngebingungin pembaca. Jangan mikirin kayak gini

“Wah tulisan gue belom ada yang baca”

Jangan mikir gitu guys. Lo fokus aja ngisi blog lo dengan konten-konten yang bermutu dan jangan spam.

APA ITU SPAM? Demi menghasilkan visitor, lo rela nulis 10 artikel dalam 1 hari dan di publish semua. Gue sih nggak sanggup. Mending SEMINGGU 2 ARTIKEL TAPI RUTIN DAN TERATUR JADWALNYA.


Kalo blog lo sampai dikira SPAM sama Google, jangan harap ada pembaca yang mau datang dan hapuslah mimpimu untuk bisa mendaftar Google Adsense. Nggak cuma itu doang, ada beberapa konten yang dilarang sama Google Adsense di antaranya:

- konten pornografi;
- konten plagiat;
- konten yang isinya gambar doang;
- konten yang isinya link download software berlisensi; dan
- konten yang menyinggung SARA.

So, poin kedua yang harus lo punya ialah KONTEN YANG BERMANFAAT.

3. Halaman / Pages (Blog)
syarat wajib sebelum daftar google adsense

Pages ini selain memudahkan pembaca yang datang ke blog kita, ini juga bermanfaat supaya Google tuh makin percaya sama kredibilitas blog kita. Umumnya sih, pages blog ini terdiri dari:

- beranda (home)
- kebijakan privasi (privacy policy)
- disclaimer
- kontak (sosmed)
- peta situs (site map); dan
- informasi tentang blog

“Contoh letak dari pages itu gimana ted?”

Contohnya kalau di blog gue tuh gue taro di atas kayak gini

syarat wajib sebelum daftar google adsense


Lo klik aja dan lihat isinya seperti apa. Oh iya, ini poin yang cukup vital lho. Misal nih, konten lo bagus, pengunjung blog lo banyak, tapi nggak ada pages-pages tersebut, waduh kecil kemungkinan bisa diterima Google Adsense.

So, poin terakhir yang harus lo punya ialah PAGES BLOG.


Gue sih berharap ada komentar yang datang dan bisa saling diskusi biar pembaca bisa sama-sama koreksi. Gue sendiri masih “anak kemaren sore” di Google Adsense, jadi pengetahuannya masih cetek banget. InsyaAllah bakalan bertahap deh. Setelah lo tahu 3 syarat wajib sebelum daftar Google Adsense, lo pengen gue sharing apa lagi nih?

Sebenernya banyak sih list yang mau gue bagi nih ya gue list dan lo pilih yang mana deh....




Kalau pilih lainnya, mending tulis di kolom komentar aja ya, biar ngga bingung. Kan kebutuhan satu blogger dengan blogger yang lain berbeda. Nanti, suara terbanyak bakal gue sharing.

Udah cukup kali ya di postingan kali ini? Udah hampir 1000 kata nih, gue nggak biasa nulis sampe 1000 kata. Takut pembacanya ngantuk. Terima kasih udah ngeluangin waktu buat ngunjungin blog gue yang nggak banyak faedahnya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Jazakumullah khairan katsir. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

---------------------------

Artikel Belajar Google Adsense

Bagian 2: Beberapa Alasan Lo Bisa Ditolak Google Adsense Nantinya
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. yaaahh...udah dapet duit donk loe ted..soalnya gw mampir ke blog loe...hhhhh

    BalasHapus
  2. ternyata domainnya ga boleh ada "wordpress" atau "blogspot"-nya ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo blogspot masih bisa Ren, nah kalo wordpress emang harus beli domain dulu baru bisa dipasang iklan, ini nanti gue bahas kok di Host & Non-Host Account

      Hapus

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.