Ad Code

12 Fitur Ruangguru yang Siap Bantu Tingkatkan Prestasi Kamu di Sekolah

 

12 fitur ruangguru


Saat kamu mau pilih bimbel online yang tepat, pasti ada beberapa pertimbangan yang akan kamu pikirkan, dong. Misalnya dari segi harga dan kelengkapan fitur. Dengan fitur yang lengkap, tentu akan mempermudah proses belajar siswa. Apakah dengan harga yang ditawarkan akan worth it dengan fasilitas yang didapat. Kalau bisa harga terjangkau tapi fitur super lengkap. Emang ada ya bimbel online harga oke tapi fiturnya lengkap banget? Tentunya ada dong! Nah, semua ini bisa kamu dapetin di Ruangguru!

Ada apa aja sih fitur yang ada di aplikasi bimbel online yang satu ini? Di tahun ajaran 2022/2023, Ruangguru hadir dengan berbagai fitur yang lebih canggih dan lebih lengkap dari sebelumnya. Pastinya akan membantu kamu menghadapi semester baru yang akan datang. Yuk simak 12 fitur Ruangguru yang wajib dicoba!


1. Playlist Rangkuman Materi

Di aplikasi Ruangguru, kamu bisa menemukan playlist yang berisi rangkuman materi pembelajaran lengkap, loh! Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengecek rangkuman mata pelajaran per hari bahkan per minggu langsung dari homepage. Kamu bisa langsung akses rangkuman dengan mudah dan nggak perlu download lagi satu per satu. Belajar jadi makin fokus dan mudah deh.


2. AdaptoX

AdaptoX merupakan pengembangan dari fitur Adapto sebelumnya. Jadi, fitur ini menggunakan simulasi dan permainan interaktif yang disematkan ke dalam video belajar di aplikasi Ruangguru. Simulasi di AdaptoX kurang lebih mirip dengan eksperimen di sekolah tapi dalam bentuk digital yang lebih interaktif. Pastinya seru banget!


3. Zona Berlatih

Nah, kalau fitur yang satu ini berisi bermacam-macam latihan soal. Fitur ini tentunya akan membantu kamu melatih kemampuan penguasaan materi kamu sekaligus mengasah sejauh mana pemahaman kamu. Yang bikin fitur ini lebih seru, kamu akan diajak bermain games lewat latihan-latihan soal. Dengan begitu, kamu jadi nggak akan bosen, deh, belajarnya!


4. Ranking - Liga XP

Nah, lewat fitur ini, kamu bisa ikut perlombaan di setiap level atau liga sesuai dengan XP atau gold yang dihasilkan. Semakin banyak XP atau gold yang kamu punya, maka peringkat kamu akan semakin tinggi di Ranking Liga Ruangguru. 

Cara mendapatkan XP atau gold juga banyak. Salah satunya kamu harus rajin belajar dengan menyimak video dan mengerjakan soal latihan. Wah, belajar jadi makin seru, ya!


5. Ruanglatihan

Fitur ini mirip dengan Zona Berlatih yang akan membantu kamu mengasah sejauh mana kemampuan dalam mengerjakan soal. Dalam Ruanglatihan, kamu bisa meningkatkan daya fokus dan kecepatan dalam memahami maksud atau perintah soal. 

Kamu bisa mengakses semua latihan soal di ruanglatihan di aplikasi bimbel online yang satu ini. Dengan berlatih mengerjakan soal di ruanglatihan, tentunya bisa nambah koleksi XP dan gold kamu, loh. Fitur ini juga cocok banget untuk persiapan ujian di sekolah.


6. Ruangbelajar Website

Fitur yang satu ini pasti kamu sudah pada tau, dong. Selain di smartphone, ruangbelajar juga bisa diakses langsung dari website. Kalau kamu kurang nyaman dengan tampilan screen smartphone yang cenderung kecil, kamu bisa banget pakai ruangbelajar di website. Dengan tampilan yang lebih luas, belajar jadi lebih puas! Selain itu, kamu juga nggak perlu khawatir kalau memori hp penuh, deh.


7. Lembar Belajar

Di Lembar Belajar, kamu bisa download, print, dan catat materi belajar sambil mendengarkan penjelasan materi di video belajar. Jadi, belajarmu bisa lebih praktis deh! 


8. Playlist Belajar

Playlist Belajar beda ya dengan Playlist Rangkuman. Playlist Belajar berisi daftar video, kuis, hingga rangkuman yang disesuaikan dengan jenjang serta ujian yang akan kamu hadapi. Bahkan kamu juga bisa memilih plan belajar yang ingin kamu ikuti. Kamu jadi bisa mulai belajar sesuai dengan playlist yang kamu buat tersebut.


9.Video Belajar Kolaborasi dengan Aulion

Dengan fitur yang satu ini, dijamin pengalaman belajar kamu makin seru! Ruangguru berkolaborasi dengan Aulion sebagai Creative Director-nya di tahun ajaran ini. Sooo, ruangbelajar menghadirkan banyak video belajar baru dengan konsep yang tentunya lebih fresh dan seru! Belajar jadi makin asik deh! Yuk langsung cuss cek videonya!


10. UTBK Center

Buat kalian yang sedang duduk di kelas 12 dan akan menghadapi UTBK SNBT, kamu wajib banget nih pakai UTBK Center. Melalui fitur ini, kamu bisa mengerjakan berbagai macam latihan soal dengan fleksibel. Kamu bebas pilih materi dari fitur Drill Soal. 

Nggak cuma itu, kamu juga bisa mencoba fitur Tryout yang berisi kumpulan soal untuk menguji kemampuan kamu sejauh mana penguasaan pada materi UTBK SNBT. Nah, selain itu, fitur Tryout juga dilengkapi dengan sistem penilaian IRT dan analisis peluang di terima di prodi yang kamu incar. 

Kalau kamu masih bimbang dengan jurusan atau prodi yang akan dipilih, kamu bisa memanfaatkan fitur Tes Minat dan Bakat. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi jurusan yang sesuai dengan minat serta kemampuan kamu di fitur Minat dan Bakat.

 

11. Konsep Kilat

Belum cukup dengan fitur-fitur yang super keren di atas, Ruangguru juga menghadirkan fitur Konsep Kilat. Buat kamu yang ingin cepat paham materi pembelajaran dalam waktu singkat bisa banget manfaatin fitur ini! Melalui Konsep Kilat, kamu bisa memahami seluruh konsep pelajaran yang diajarkan dalam satu bab hanya dalam satu video belajar saja. Penjelasan dalam satu bab tersebut akan dirangkum lebih singkat dalam Konsep Kilat. Walaupun begitu, materinya tetap lengkap kok. Tapi, kalau kamu butuh penjelasan yang lebih detail, kamu tetap bisa menonton video sub bab lain yang akan membahas materi lebih dalam.


12. Diskusi

Kalau misalnya nggak mengerti materi di video belajar nanti harus tanya ke mana ya? Eits, tenang aja! Kamu bisa manfaatin fitur Diskusi. Pertanyaan-pertanyaan kamu terkait materi di video belajar bisa langsung dijawab oleh Master Teacher. Nggak cuma tanya jawab dengan Master Teacher, kamu juga bisa melakukan diskusi dan berinteraksi dengan sesama pengguna Ruangguru untuk membahas video belajar. Wah, jadi nambah temen, deh!


Banyak banget ya fitur yang bisa kamu dapat melalui aplikasi bimbel online Ruangguru! Dari 12 fitur di atas, fitur mana yang paling kamu sukai? Yuk buruan langganan Ruangguru di sini sekarang juga!
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar