Ad Code

Bingung Mau Bimbel Online Di Mana? Simak Review Perbandingan Brain Academy & Zenius Yuk!

 

review Brain Academy dan Zenius

Ikutan bimbel di luar sekolah itu penting nggak sih? Memang belajar di sekolah saja tidak cukup? Well, ikutan bimbel sifatnya memang nggak wajib. Tapi, kalau kamu memilih tempat bimbel yang tepat bisa membantu meningkatkan kampuan dalam memahami pelajaran di sekolah.

Apalagi sebentar lagi sudah memasuki masa ujian sekolah. Kamu harus rajin belajar agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Dengan ikutan bimbel, peluang kamu untuk mendapatkan hasil maksimal tentu akan bertambah. Dengan catatan kamu memilih tempat bimbel yang tepat dan tetap belajar maksimal ya!

Saat ini juga udah ada banyak banget tempat bimbel yang bisa kamu pilih. Jenisnya juga macam-macam, ada yang online maupun offline atau tatap muka.

Saat ini, bimbel online banyak diminati oleh siswa. Pasalnya, siswa nggak perlu harus keluar rumah dan datang ke tempat bimbel. Siswa bisa melakukannya di mana pun. Nah, tempat bimbel online juga banyak banget pilihannya. Di antaranya yaitu Brain Academy dan Zenius. 

Dari keduanya, lebih baik pilih yang mana ya? Yuk kita bandingkan dari segi kelengkapan mata pelajaran, live teaching, video pembelajaran, harga, hingga layanan tatap muka!


Kelengkapan Mata Pelajaran

Baik bimbel online Brain Academy maupun Zenius sama-sama menawarkan mata pelajaran yang lengkap bagi jenjang SMA sederajat. Mulai mata pelajaran saintek hingga soshum, di masing-masing platform materinya ada semua.  Selain itu, bagi kamu-kamu yang sedang persiapan UTBK SNBT, baik Brain Academy maupun Zenius menyediakan paket khusus. Oh iya, keduanya juga menawarkan paket khusus juga untuk Gap Year, lho. 

Nah, itu tadi kalau untuk jenjang SMA. Tapi, kalau dilihat dari jenjang SD dan SMP, Brain Academy memiliki kuantitas materi pelajaran yang lebih banyak.


Live Teaching

Bagi kalian yang ingin belajar online tapi real-time, Brain Academy dan Zenius menyediakan fitur live teaching. Melalui fitur ini, kamu bisa berinteraksi dengan tutor langsung dan bebas tanya jawab kaya bimbel tatap muka deh. 

Apabila dilihat dari kuantitasnya, Brain Academy menyediakan kurang lebih 20-21 kelas per minggu dengan fitur live teaching ini bagi jenjang kelas 12. Sedangkan untuk jenjang yang sama di Zenius, kuantitasnya kurang lebih 18 kelas per minggunya.


Video Pembelajaran

Dalam bimbel online, video pembelajaran adalah salah satu fitur yang paling penting. Jadi, dalam memilih tempat bimbel online, kamu harus memperhatikan fitur ini ya. 

Nah, baik Brain Academy maupun Zenius, keduanya sama-sama menyediakan fasilitas video pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan di manapun melalui aplikasi masing-masing. 

Perbedaan keduanya terletak pada sisi pembawaan materi. Di Brain Academy, cara tutor membawakan materi dalam video pembelajaran terkesan lebih formal-casual. Jadi, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang semi baku seperti saat kita belajar di sekolah bersama guru. Sementara itu, cara pembawaan materi di Zenius lebih casual. Bahasa yang digunakan lebih santai dan tidak baku. Jadi, tergantung preferensi kamu lebih suka yang mana, ya!

Selain itu, perbedaan kedua platform bimbel online ini juga terlihat dari segi konsep video pembelajarannya. Video pembelajaran milik Brain Academy yang biasa disebut dengan ruangbelajar menggunakan perpaduan konsep animasi. Jadi, sepanjang video akan muncul banyak animasi-animasi menarik yang bikin kamu nggak gampang bosen belajarnya. Kalau di Zenius, video pembelajarannya ada yang menggunakan konsep animasi, tapi ada juga yang menggunakan konsep papan pelajaran. Di konsep papan pelajaran, tutor akan menjelaskan materi dengan menulis pada papan seperti ketika kita belajar di sekolah.


Layanan Tatap Muka

Walaupun keduanya merupakan tempat bimbel online, baik Brain Academy maupun Zenius juga menyediakan layanan bimbel offline a.k.a tatap muka, loh! Layanan bimbel tatap muka milik Brain Academy disebut Brain Academy Center. Di sana juga banyak banget pilihan paket. Cabangnya pun juga sudah tersebar di mana-mana. Kamu bisa langsung datang ke kantor cabang Brain Academy terdekat ya! 

Nah, kalau bimbel tatap muka Zenius ini bisa kamu dapatkan di Primagama. Sejak awal 2022 lalu, Primagama sudah resmi bergabung menjadi bagian dari Zenius. Untuk pilihan paketnya, kamu bisa langsung datang ke kantor Primagama terdekat ya!

Harga

Ini dia yang sudah ditunggu-tunggu. Kalau dari segi harga, mana yang menawarkan paket terbaik? Brain Academy atau Zenius? Hmm, mari kita jabarkan!

Khusus untuk Brain Academy, harga paket per jenjang kelasnya berbeda-beda.


- Jenjang SD: mulai dari 113.000/bulan

- Jenjang SMP: mulai dari 144.000/bulan
- Jenjang SMA + UTBK SNBT: mulai dari 404.000/bulan

Di masing-masing jenjang, nantinya masih banyak pilihan paket yang dibedakan menjadi beberapa kategori. Harga yang ditawarkan tentu juga bermacam-macam. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan kamu. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung cek ke website Brain Academy.

Sedangkan untuk Zenius, harga paket yang ditawarkan seperti berikut:


- Paket Aktiva Sekolah (kelas 1-12): mulai dari 350.000/bulan

- Paket Ultima (UTBK SNBT): mulai dari 450.000/bulan

Khusus masing-masing paket di atas masih terbagi jadi beberapa kategori lagi ya. Tentunya harganya juga bermacam-macam. Untuk melihat info lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi website Zenius.


Nah, itu dia perbandingan dari fasilitas yang disediakan oleh Brain Academy dan Zenius. Bisa disimpulkan, Brain Academy memiliki lebih banyak keunggulan dibanding Zenius. Tapi, kamu bebas memutuskan mana yang menurut kamu terbaik ya. Selamat belajar!


Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar