Ad Code

Kenapa Wifi Tidak Ada Internet? Begini Penjelasannya

router wifi tidak berfungsi

Saat sedang asyik browsing, tiba-tiba terjadi masalah, ‘kenapa wifi tidak ada internet?’ hal itu jelas sangatlah mengganggu. Sebab, waktu yang anda gunakan untuk melakukan browsing menjadi tersendat dan tidak berlanjut. 

Sebenarnya, bukanlah menjadi suatu masalah bila tiba-tiba terjadi masalah yang membuat koneksi wifi menjadi terputus. Jika saja, anda masih memiliki paket data internet pribadi, sudah pasti anda tidak akan terganggu saat tiba-tiba koneksi internet mati. 

Persoalan sebenarnya adalah ketika anda mendapati sambungan WiFi tetap berjalan normal, namun tidak tersambung ke internet. Mengatasi hal itu, pastinya tidak akan cukup bila anda sekedar bertanya-tanya tanpa mencari tahu apa penyebabnya. 

Penyebab Wifi Tidak Ada Internet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa, terputusnya koneksi internet dari wifi bukan tanpa sebab yang jelas. Berikut ini adalah berbagai penyebab yang seringkali menyebabkan kenapa wifi tidak ada internet. 

1. Mengalami Gangguan

Secara umum, jaringan wifi terbuat dari sambungan kabel fiber optik yang bisa memungkinkan terjadinya transfer data secepat cahaya. Namun tetap saja, segala kerusakan seperti kerusakan jaringan kabel hingga pemeliharaan server yang buruk dapat memicu terjadinya gangguan. 

2. Router yang Bermasalah

Seringkali penyebab terputusnya wifi dari jaringan internet bermula karena terjadi suatu masalah pada router. Padahal, baik router maupun modem merupakan perangkat kunci yang bisa menghubungkan gadget anda ke jaringan internet. 

Masalah router maupun modem tersebut umumnya terjadi lantaran waktu pemakaian yang melebihi durasi waktu normal. Meskipun pada dasarnya router maupun modem bisa terus beroperasi selama 24 jam, lebih baik ada pembatasan dalam waktu pemakaian. 

3. Perangkat dalam Pembatasan

Penyebab lainnya yang terkadang membuat wifi tidak bisa tersambung ke internet karena adanya pembatasan perangkat. Hal ini umumnya menjadi kebijakan di tempat umum seperti sekolah dan kantor agar menjaga stabilitas kecepatan intenet. 

4. Gadget yang Bermasalah

Penyebab lainnya yang biasanya tidak pernah orang-orang duga adalah gadget yang bermasalah sehingga membuat wifi tidak tersambung ke internet. Hal seperti itu bermula dari kesalahan pengaturan jaringan pada HP seperti DNS hingga Proxy. 

Cara Mengatasi Wifi Tidak Ada Internet

Setelah anda mengetahui penyebab dari kenapa wifi tidak ada internet, anda juga wajib mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berbagai cara untuk mengatasi wifi yang tidak tersambung ke jaringan internet adalah sebagaimana berikut ini ; 

1. Merestart Ulang Router

Salah satu penyebab gangguan wifi tidak tersambung wifi adalah karena router yang bermasalah, solusinya yakni dengan merestart router. Matikan router selama 30 detik dan hidupkan kembali lampu DSL menyala dengan normal, lalu sambungkan kembali ke gadget. 

2. Mengupgrade Adaptor Wifi

Cara lain yang bisa anda lakukan yakni dengan mengupgrade adaptor wifi pada laptop ataupun pc, caranya mudah. Klik ‘My Compuuter’, lalu klik ‘properties’, klik kanan pada opsi menu driver adaptor wifi dan upgrade. 

3. Merestart Gadget

Jika merestart ulang route tidak membuahkan hasil, cobalah untuk merestart gadget yang anda gunakan. Cara ini agar memastikan bagian mana yang bermasalah, apakah router atau gadget yang anda gunakan. 

4. Menggunakan Fitur ‘Forget Wifi’

Bila berbagai cara sudah mentok, cobalah untuk menggunakan opsi ‘forget wifi’ agar bisa menghubungkan ulang. Cara yang satu ini berguna jika ternyata masalah gangguan koneksi disebabkan karena faktor misconfiguration. 

Berdasarkan pemaparan tentang ‘kenapa wifi tidak ada internet’, sekarang anda sudah mengetahui penyebab dan solusinya. Selanjutnya, anda tidaka akan kebingungan lagi saat tiba-tiba wifi anda tidak tersambung ke jaringan internet.

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar