Ad Code

Cara Ganti Password WiFi Termudah dan Tercepat!

orang sedang memperbaiki dan ganti password wifi yang digunakan


Memasuki era yang serba internet seperti saat ini, tapi tidak semua orang mengetahui cara ganti password WiFi. Hal itu tentu agak sedikit memprihatinkan, sebab keamanan jaringan WiFi juga bergantung dari seberapa sering anda mengganti password.

Menjaga ekslusivitas jaringan WiFi bisa anda terapkan dengan cara memanage siapa saja orang yang berhak mengakses password. Begitu orang-orang yang tidak anda kehendaki juga mendapatkan akses password WiFi, maka akan timbul masalah.

Sebab, semakin banyak jumlah orang yang masuk kedalam akses jaringan WiFi yang sama, maka kecepatannya akan menurun. Pada dasarnya, setiap jaringan WiFi memiliki batas kecepatan maksimal yang bergantung pada seberapa banyak orang yang mengaksesnya.

Maka, dengan mengetahui cara ganti password WiFi merupakan opsi terbaik agar anda bisa selalu memanage aspek keamanan dan kecepatannya. Namun, bagaimanakah cara mengganti password WiFi? Perhatikan tutorial lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Ganti Password WiFi dari HP

1. Pertama, anda harus membuka browser di HP, lalu membuka halaman pengaturan router 192.168.1.1.

2. Bila akses ke alamat tersebut tidak bisa anda buka, maka segera mengecek alamat IP default yang tertera pada bagian belakang router.

3. Masukkan nama pengguna dan password. Anda bisa mengetahui keterangan nama pengguna dan password pada bagian belakang router.

4. Pilih ‘Network’ lalu pilih WLAN.

5. Temukan kolom yang bertuliskan ‘WPA Passphrase’ agar bisa mengganti password WiFi anda.

6. Ganti password WiFi dengan kode baru sesuai keinginan anda.

7. Proses ganti password WiFi telah selesai.

Ganti Password WiFi dari Laptop

Bila tidak dapat mengganti password WiFi dengan menggunakan HP, anda masih bisa menggunakan laptop untuk menggantinya. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan bagaimana cara ganti password WiFi melalui HP.

1. Pertama, anda harus membuka laman browser dari laptop anda.

2. Bukalah halaman pengaturan router anda melalui akses ke 192.168.1.1.

3.Bila anda kesulitan menemukan alamatnya, anda bisa memeriksanya pada bagian belakang router.

4. Masukkan nama pengguna beserta password yang sudah anda buat sebelumnya.

5. Bila kesulitan untuk memasukkan nama pengguna dan password, anda bisa mengaksesnya secara default sesuai yang tertera pada bagian belakang router.

6. Klik menu ‘Network’ yang letaknya berada sudut kiri atas layar laptop anda.

7. Berikutnya, temukan menu ‘Wireless’ ataupun ‘WLAN’.

8. Selanjutnya, pilih menu ‘Setting’, kemudian pilih lagi opsi ‘Security’.

9. Setelah itu, anda hanya tinggal menemukan kolom dengan judul ‘WPA Passphrase’.

10. Setelah menemukan kolom tersebut, anda bisa langsung memasukkan password terbaru untuk WiFi anda.

11. Setelah selesai memasukkan password terbaru, itu artinya anda telah berhasil mengganti password WiFi anda.

Pada dasarnya, dengan mengetahui cara ganti password WiFi memiliki banyak manfaat bagi anda. Tidak hanya sekedar menjaga sistem keamanan jaringan internet anda, namun juga menjaga stabilitas koneksi internet anda.

Namun, bila membicarakan tentang menjaga stabilitas kecepatan koneksi internet anda, ada hal lain yang perlu anda perhatikan. Yakni, memastikan kondisi ruangan sekitar jaringan WiFi anda sudah benar-benar tertata dengan baik.

Hal itu berarti bahwa, dalam rumah anda tidak ada benda-benda ataupun barang berbahan kayu dan seng yang bisa menghalangi sinyal WiFi. Jadi, selain harus memahami cara ganti password WiFi, anda juga harus pandai menata ruangan dalam rumah.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar