Ad Code

Rekomendasi Contoh Portofolio Lamaran Kerja

portofolio desain grafis kreatif

Pembicaraan mengenai contoh portofolio dalam lamaran pekerjaan adalah hal yang umum dalam dunia kerja, terutama bagi para lulusan baru yang merencanakan karier mereka setelah menyelesaikan pendidikan.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia kerja, hanya mengirimkan surat lamaran pekerjaan tidaklah cukup. Bahkan, meskipun melampirkan CV, masih belum menjamin bahwa lamaran kerja Anda akan diterima.

Anda memerlukan dokumen tambahan yang dapat menunjukkan kemampuan dan kompetensi Anda, serta meyakinkan perusahaan tentang kualifikasi Anda. Dokumen ini dikenal sebagai portofolio, sebuah istilah yang sudah pasti tidak asing bagi Anda.

Portofolio itu Apa? 

Sebelum melihat dan mempelajari seperti apa contoh portofolio lamaran kerja, ada baiknya bila anda memahami apa itu portofolio. Apakah portofolio sama dengan CV? Dapatkah anda menemukan letak perbedaannya? 

Portofolio adalah suatu dokumen yang pada umumnya sering dilampirkan oleh pelamar kerja pada pihak perusahaan. Portofolio secara isi mencakup tentang skill yang anda kuasai, prestasi yang sudah anda raih dan juga koleksi karya yang sudah anda buat. 

Maka, dapat anda tarik suatu perbedaan antara CV dan juga portofolio, yakni portofolio memuat banyak informasi seputar skill, karya dan juga prestasi. Sedangkan CV lebih merinci tentang riwayat karir dan pengalaman seseorang sepanjang hidupnya. 

Fungsi Portofolio

Bila meninjau keberadaan portofolio secara fungsi, maka anda akan mendapatkan jawaban yang sudah sangat jelas. Portofolio berfungsi untuk mendokumentasikan segala kompetensi, prestasi dan juga karya yang telah dibuat seseorang. 

Bahkan, dalam fungsi yang lebih luas, ternyata portofolio tidak hanya berguna untuk melamar pekerjaan. Portofolio juga dapat dilampirkan kedalam persyaratan bagi seseorang untuk bisa mendapatkan program beasiswa. 

Pekerjaan yang Memerlukan Portofolio 

Setelah melihat contoh dari suatu portofolio untuk melamar pekerjaan, anda pun pasti ingin mengetahui pekerjaan yang memerlukan portofolio.

1. Fotografer

Fotografer merpakan jenis pekerjaan yang sangat menonjolkan hasil karya jepretan foto dalam menjalankan pekerjannya. Bila anda bekerja sebagai seorang fotografer, maka anda layak untuk membuat suatu portofolio lamaran kerja agar bisa melebarkan karir. 

2. Web Developer

Web developer merupakan profesi yang bekerja mulai dari merancan, mendesain, mengembangkan bahkan hingga memodifikasi website. Hasil kerja seorang web developer layak menjadi karya sekaligus prestasi yang dapat dimasukkan kedalam portofolio lamaran kerja. 

3. Makeup Artist

Menjadi seorang makeup artist juga dapat menjadi salah satu jenis pekerjaan yang memerlukan portofolio untuk meningkatkan value personal. Sebab, keahlian dalam merias wajah dan rambut seseorang menjadi cantik termasuk kedalam karya dan prestasi yang bermula dari skill. 

Selain ketiga pekerjaan tersebut, terdapat beberapa profesi lainnya yang memerlukan portofolio lamaran kerja. Seperti desainer grafis, software developer, videographer, copywriter dan juga content writer yang memerlukan portofolio lamaran kerja. 

Jadi, melalui pembahasan kali ini, anda tidak sekedar hanya mempelajari contoh portofolio lamaran kerja saja. Sebab, anda juga telah mempelajari dan memahami tentang pengertian, fungsi dan juga jenis pekerjaan yang memerlukan portofolio lamaran kerja.  

Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar