Ad Code

Beberapa Contoh Pertanyaan Wawancara OSIS

Beberapa Contoh Pertanyaan Wawancara OSIS - blogbangbot


Tertarik untuk menjadi anggota pengurus OSIS? Simak pembahasan tentang pertanyaan wawancara OSIS kali ini. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dapat menjadi tempat yang tepat untuk belajar berorganisasi saat masih di usia sekolah. Dengan ikut OSIS ada berbagai keuntungan yang dapat kamu raih, terlebih lagi bila berhasil menjadi ketua OSIS.

Bisa menjadi ketua OSIS bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Ada beberapa tahap yang harus dilalui untuk bisa menjadi ketua OSIS. Salah satu hal yang wajib kamu lakukan adalah melakukan wawancara untuk bisa bergabung.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan untuk wawancara OSIS yang kerap muncul.


Apa motivasi mendaftar OSIS?

Pertanyaan pertama yang kerap muncul dalam wawancara OSIS adalah motivasi kamu untuk ikut organisasi tersebut. Motivasi adalah hal yang penting karena dengan motivasi dapat membuat kamu mempunyai komitmen kuat sebagai anggota OSIS.

Umumnya pewawancara bisa melihat seberapa kuat motivasi yang kamu punya. Jika kamu mempunyai motivasi yang kuat, tim pewawancara mempunyai pandangan kamu mampu dan bisa berkomitmen dalam menjalankan berbagai tugas sebagai anggota OSIS.

Apa posisi yang diinginkan?

Pertanyaan berikutnya adalah apa posisi yang diinginkan saat bergabung menjadi anggota OSIS? Ada berbagai posisi yang bisa kamu dapatkan, mulai dari yang paling tinggi yaitu ketua OSIS dan pengurus inti, lalu ada koordinator atau ketua sekretaris bidang.

Kamu harus tahu posisii apa saja yang ada dan memahami masing-masing tugas dari posisi tersebut. Walaupun hanya menjadi anggota, kamu mempunyai kesempatan untuk menjadi ketua OSIS, wakil ketua OSIS, koordinator, dan lain-lain.

Siapa panutan kamu?

Pertanyaan berikutnya adalah siapa sosok panutan kamu? Memilih sosok panutasn dapat menjadi salah satu cara penguji untuk tahu kepribadian kamu nantinya. Kamu bisa memikirkan hal itu sebelum melakukan wawancara.


Kamu mungkin belum punya sosok panutan, namun dapat mencari tahu. Sosok panutan bukanlah hal penting, namun tak mempunyai sosok panutan merupakan hal buruk untuk pemula. Poin terpenting adalah alasanmu mengagumi sosok tersebut.

Kelebihan dan kekurangan kamu?

Pertanyaan berikutnya tentu mengenai kelebihan dan kekuranganmu. Hati-hati pada pertanyaan ini, sebab beberapa mengalami kesulitan dalam memberikan jawaban yang sesuai. Untuk dapat menjawabnya, kamu harus paham tentang potensi yang dimiliki saat ini.

Tak hanya potensi, namun juga paham kekurangan diri. Caranya adalah menjelaskan kekuranganmu, lalu beri penjelasan bagaimana cara kamu dalam mengatasi kekurangan tersebut.

Apa yang akan dilakukan bila diterima?

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui kemungkinan apakah kamu sudah punya rencana dan persiapan untuk menjadi anggota OSIS. Tak hanya itu, pewawancara juga ingin melihat tanggung jawabmu saat telah diterima.Nah itu tadi contoh pertanyaan wawancara OSIS yang dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri dengan baik pada tahapan seleksi anggota pengurus OSIS.
Reactions:

Posting Komentar

0 Komentar