Bukan Review dan Cerita

Kamis, 09 April 2020

Bicara Sumber Pendapatan Content Writer

Beberapa dari teman-teman yang udah terjun lebih dulu dibanding gue menjadi seorang Content Writer, pasti udah tau pahit manisnya menyandang gelar ini. Kerjaan yang kata sebagian orang itu “cuma” nulis, seringkali dianggap “Ah itu mah gampang” kini menjamur orang mencarinya. Emang seberapa besar sih pendapatan seorang Content Writer itu? 

Nggak..ngga...gue ngga akan bicara tentang seberapa besar atau berapa jumlah pendapatan dari Content Writer. Kenapa? Indikator dan kebutuhan orang itu beda-beda kan? Misal Content Writer A, gajinya 1 juta ngga punya beban tanggungan, terus content writer B gajinya 2 juta tapi harus bayar kos dan listriknya yang dijual terpisah. Beda kan? 
content-pendapatan-adsense-writer-blogger

sumber foto: thegorbalsla.com

Si content writer A bisa aja nabung sekian persen dari pendapatannya, lebih banyak dari pada content writer B. Sampai sini setuju? 

Kalo setuju lanjut baca, kalo ngga setuju close aja gan! 

Gini, gue akan berbagi sedikit pengalaman, ya emang sedikit aja sih pengalaman gue makanya share-nya ga bisa banyak-banyak. Paling ngga ada 3 sih buat lo yang mutusin mau jadi content writer terus nyari sumber pendapatannya di posisi itu. 


Pertama, jadi karyawan di sebuah perusahaan 

Pendapatan yang pertama ini favorit banyak orang, termasuk gue. Wehehehehe... 

Sekarang alhamdulillah gue mengabdi menjadi content writer di Ruangguru. Ngurusin artikel yang bakalan naik di Blog Ruangguru. Bersyukur menjadi kunci utama gue ada di posisi ini. Suka dukanya banyak banget lho jadi content writer di sebuah perusahaan. Tahan deadline dan harus rajin brainstorming. 
content-writer-blog-sumber-pendapatan-kerja-perusahaan-ruangguru

sumber foto: Blog Ruangguru

“Gimana caranya Ted biar bisa jadi content writer di perusahaan gitu?” 

Ya ngelamar lah. Ngelamar di perusahaan yang buka loker content writer. Sabar dan terus berusaha aja. Jangan lupa perbanyak dan perbagus portofolio ya. 


Kedua, jadi freelance writer 

Zuzur saja, gue ngga begitu punya banyak pengalaman di sini. Pernah, dulu pas awal-awal lulus kuliah. Terus nyoba nyari loker freelance di beberapa situs dalam negeri dan luar negeri juga. Ngga bertahan lama sih. Enaknya tuh platform buat nyari loker freelance itu banyak banget. Sampai-sampai instagram dan facebook juga bisa jadi tempat mencari loker bagi para freelance content writer gitu. 

Suka dukanya jadi freelance itu....apa ya?? Karena ngga punya banyak pengalaman tadi itu, jadi ngga bisa share banyak. Palingan sih komunikasi sama klien harus dijaga. 


Ketiga, aktif menulis di blogger 

Nah, kalo khusus sumber pendapatan yang ketiga ini banyak banget sih “celah” nya. Maksudnya tuh, dari 1 platform blogger ini tuh banyak banget sumber cuan yang bisa lo dapetin. Lo bisa banyakin portofolio di sini. Bisa dapat tawaran review sebuah produk atau jasa di blogger. Bisa juga pasang iklan Google Adsense di sini. 
pendapatan-content-writer-gaji-perusahaan-marketing-berapa-jumlah


sumber foto: datawrkz.com/

Gue sendiri aktif di blog udah dari 5 tahun yang lalu. Review produk pernah, tapi yang paling gue andalin dari blog ini sih pasang iklan dari Google Adsense

GImana guys sharing gue kali ini tentang sumber pendapatan dari content writer? Pasti ngga berguna ya? Hehehe... karena emang sedikit sih. Maklum belum banyak pengalaman jadi content writer. So, terima kasih udah mau ngabisin waktu lebih kurang 2 menit di blog gue kali ini. Semoga sharing ini bermanfaat buat teman-teman yang memutuskan buat jadi content writer. Sampai jumpa di tulisan gue yang lain ya.
Share:

2 komentar:

  1. otw pasang iklan di google adsense. dibantu ya ommm ted ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap grak...doakan konten google adsense akan muncul juga yaaa

      Hapus

Tulisan Terbaru

Kenapa Ngga Coba Bimbel Online Ruangguru Sih?

Bimbingan Belajar saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi siswa di berbagai jenjang. Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menegah ...

Follow by Email

Paling Tren