Lagi Trend! Go-Pay dan Go-Food Haram?

Januari 14, 2018
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Hai, balik lagi nih sama Bangbot. Gimana kabar kalian? Gue sih berharap kabar lo semua sehat dan selalu siap untuk semakin taqwa ya guys. Jadi gini guys, beberapa waktu yang lalu, di grup facebook driver ojek online itu muncul sebuah fenomena yang sebenernya gak baru dan gak asing sih menurut gue. Fenomena tentang pernyataan seorang ustadz yang menyatakan bahwa Go-Pay dan Go-Food haram. Kenapa haram? Jawabannya riba.

go-pay dan go-food haram


Yakin kalo Go-Pay atau Go-Food itu haram? Eits ntar dulu. Gue disini gak bakal ngejelasin tuh masalah Go-Pay yang haram itu ya. Sebelum lo bisa ngejudge Go-Pay itu haram termasuk riba apa enggak, mending lo cari dulu tentang riba deh. Googling atau nge-youtube ustadz-ustadz juga banyak kok yang ngejelasin riba itu apa. Satu sih yang harus lo pegang kalo riba itu haram.

go-pay dan go-food haram


Noh, liat dewek! Ngeri gak tuh kalo ternyata riba itu bakal dihancurkan sama Allah. Emang sih, kita yang hidup di zaman sekarang ini, sangat sulit sekali buat ngehindari riba. Tapi, paling enggak kita meminimalisir deh riba yang masuk ke dalam diri kita. 

Oke. Back to judul tulisan! Apa bener Go-Pay dan Go-Food itu riba? Salah satu Ustadz yakni, Erwandi Tarmizi telah menjelaskan dalam video di Youtube jika akad dalam Go-Pay itu haram. Begitu juga dengan Go-Food. Nah, kalo lo pengen tahu penjelasannya gimana, lo tonton aja sendiri ya. Jangan nonton video yang potongan atau cuplikan doang. Nonton video yang full, jangan cuma video esek-esek aja yang lo tonton sampe full.

go-pay dan go-food haram


Habis lo tonton tuh video, lo simpulin deh. Oh iya, ada juga ustadz lainnya yang ngebahas dengan topik yang sama. And gimana pendapat gue selaku pengguna ojek online yang merangkap juga sebagai driver ojek online?

Simpel sih. Alhamdulillah, gue selama pake tuh aplikasi ojek online, selalu bayar cash. Kenapa? Ya kan alat pembayaran yang sah di Indonesia itu ya uang dan untungnya selalu punya uang cash untuk bayar tuh driver. Lalu, bagaimana dari sisi gue sebagai driver? Lebih seneng nerima cash atau Go-Pay? Ya kalo ditanya lebih suka mana, ya lebih suka cash lah. Langsung bisa buat beli bensin, makan, jajan batagor, jajan ketoprak, dan lainnya. Kalo Go-Pay kan masuk rekening driver tuh dan harus ke ATM dulu buat ngambil.

Gimana guys? Semua kembali ke pilihan lo masing-masing ya. Semoga tulisan gue bisa bermanfaat buat lo.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. 
Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.