"Ketakutan" Menikah Saat Masih Kuliah

November 29, 2017
Antum mau D3 atau S3 sekali pun ini semoga masih berlaku dan bisa masuk ke sanubari antum. Mau nyinyir juga silakan kok. Kalau pas kuliah (masuk di ruang kelas dan ada dosen) langsung akad nikah disitu mah udah jelas gak boleh sis / bro. Antum bisa-bisa di DO tuh gegara menyalahi aturan kuliah. Tapi ini menikah saat masih kuliah bisa diartikan jika kalian masih dalam proses studi tapi tetiba diajak / mengajak menikah.

Nikah, siapa yang tidak mau? Pasti semua ingin. Namun adakalanya keinginan nikah terhalang oleh Studi. kalau masih SMA mungkin kita gak akan kepikiran karena masih jauh. nah di masa-masa kuliah ini terkadang ada yang bimbang.
menikah saat kuliah


Ada ikhwan yang kuliah sambil kerja, nah ikhwan yang begini sebenarnya sudah layak menikah, tapi banyak yang minder. Adapun akhwat, sebenarnya dia bisa-bisa saja menikah, namun terhalang orangtua.

Nah disittulah pertarungan batin, para Mahasiswa diuji bukan hanya dengan ujian tengah semester (UTS), tapi juga dengan ujian tengah kebimbangan. Syaitan dan kebaikan jiiwa bertarung, karena godaan syahwat saat kuliah juga luar biasa. Mereka tiap hari disuguhi orang yang begitu leluasanya berpacaran. Belum lagi cerita-cerita sayup tentang temannya yang sudah pernah "ehem-ehem wow" di tempat kos.

Ingin rasanya tutup kuping dan tutup mata melihat itu semua, tapi semua itu tersuguhkan di depan kita. Belum ditambah beratnya tugas-tugas kuliah dan apalagi yang punya amanah organisasi. Jiwa ingin berontak rasanya.

Sebenarnya dengan menikah, bisa membentengi mahasiswa dari penyimpangan-penyimpangan sosial. Namun ada beberapa problematika mahasiswa yang ingin menikah. Diantaranya :
• Akhwat belum siap hamil
• Ikhwan yang tidak siap walaupun sudah bekerja
• Belum ada rumah sendiri
• Ikhwan atau Akhwat yang belum dapat izin

4 masalah itu yang membuat mereka ragu untuk menikah. Namun ada beberapa mahasiswa yang “nekat” nikah juga. Sebenarnya bukan nekat juga, karena nikah pasti ada perhitungan.
Berikut akan kami beri penjelasan tentang 4 alasan mereka.

• ADAPUN KEHAMILAN, maka sebenarnya itu bisa ditunda, dan dibolehkan dalam syariah. Beberapa Sahabat Nabi dahulu melakukan Azl, untuk menunda kehamilan pasangannya. Azl, kalau zaman sekarang itu aplikasinya bisa dengan memakai alat kontrasepsi (bagi laki-laki). Ini dibolehkan jika memang pasangan suami-istri belum memiliki kesiapan mengurus anak karena kuliah misalnya.

• IKHWAN YANG TIDAK SIAP WALAUPUN SUDAH BEKERJA, mungkin kesiapan ini terkait Walimah (resepsi) dan kehamilan istrinya. Untuk kehamilan bisa lihat point 1. Untuk resepsi, sebenarnya Islam tidak memberatkan. Yang hadir hanya tetangga dekat dan saudara pun tak masalah. Yang penting sah dulu. Nah nanti kalau sudah siap untuk resepsi besar, baru deh ngundang yang banyak

• BELUM ADA RUMAH. Untuk masalah ini, tidak masalah jika suami-istri sementara tinggal di rumah masing-masing. Kalo mau ke kampus bisa boncengan, malam minggu jalan-jalan, kayak orang pacaran saja sebenarnya. Nikah rasa LDR 😅

• IKHWAN ATAU AKHWAT YANG BELUM DAPAT IZIN. Izin didapat dari orangtua. Dan orangtua melihat kesiapan anaknya. Jika anaknya punya rencana matang, calon yang siap, maka bilang aja ke ortu nikahnya sederhana dulu, nanti sehari-harinya kita kayak orang pacaran aja, gak perlu tinggal serumah atau hamil dulu. Nanti setelah wisuda & kerja, baru dibuat resepsi seperti pernikahan standar dan tinggal serumah. Tapi terkait orangtua ini perlu perjuangan pendekatan yang tak kenal lelah, karena susah sekali

Keberkahan & rezeki akan bertambah jika kita menikah :

menikah saat kuliah




Secara logika ini benar, karena orang yang sudah menikah hatinya akan terbentengi dari hantaman godaan di kampus, jadi lebih fokus kepada masa depan. Kalo sudah fokus maka rezeki mudah didapat, gak galau terus.

Nah, itu berdasarkan tinjauan syariah dan pengalaman orang-orang yang sudah pernah melakukannya.

So gengs, coba berpikir ulang lagi deh jika takut menikah. Sebenernya yang kalian takuti itu aturan agama atau adat sih? Sorry jangan baper ya, ntar nyinyirin gue lagi. Tulisan ini gue dapet dari Fanpage Meme Ikhwan Akhwat. Monggo di like.
Previous
Next Post »
0 Komentar

BangBot. Diberdayakan oleh Blogger.